5 Hal Penting Dalam Merawat Ayam Phoniex

Sabung Ayam Taji  5 Hal Penting Dalam Merawat Ayam Phoniex – Ayam phoniex merupakan salah satu ayam yang masih cukup jarang untuk ditemui di Indonesia. Pada akhir-akhir ini ayam phoenix lebih banyak yang disukai jika dibandingkan dengan ayam Onagadori. Untuk ayam phoniex memang memiliki jumlah populasi yang terbatas dan peternak ayam hias yang membudidayakannya juga masih sangat sedikit pada saat ini. Ayam phoniex sendiri memiliki fisik dengan berekor panjang, mereka cukup aktif dalam hal bergerak dan termasuk jenis ayam yang produktif. Ayam phoenix ini sangat memerlukan tempat yang luas dalam hidupnya, tidak boleh ada sekat dan memiliki ruang yang bebas agar pertumbuhan bulu dan keindahannya dapat berkembang secara maksimal dan tetap terjaga kualitasnya.5 Hal Penting Dalam Merawat Ayam Phoniex

Keindahan bulu dan panjang ekor yang dimiliki oleh ayam phoniex dapat mempengaruhi nilai jual dari ayam phoniex tersebut. Untuk itulah maka diperlukan perawatan yang cukup baik dari anakan sampai induknya. Ayam phoniex yang dirawat dengan cara yang baik akan memperlihatkan bulu yang tampak bersih, mengkilat, energik dan memamerkan panjang ekornya yang indah. Agar ekor ayam phoniex dapat tumbuh dengan baik dan sehat, kita perlu perhatikan beberapa hal berikut:

1. Makanan

Kebutuhan pakan bagi anakan ayam phoenix sangatlah penting untuk diberikan. Pakan yang diberikan harus berupa pakan pabrikan (511), katul dan jagung halus yang bisa saling dicampur. Untuk ayam phoenix yang telah dewasa, pakan yang bisa diberikan berupa biji-bijian seperti jagung, ketan hitam dan beras merah. Pakan juga bisa ditambah dengan protein hewani seperti dari serangga misalnya kroto, jangkrik, ulat hongkong dan belalang yang bisa diberikan selama seminggu sekali disamping itu juga bisa diberikan kecambah.

2. Minuman

Kebutuhan minum terhadap ayam phoniex harus diberikan secara terus menerus. Minum untuk ayam phoenix berupa air yang telah di masak, dan setiap hari harus diganti dengan air yang baru. Disamping itu juga bisa ditambahkan dengan vitamin C dan vitamin B compleks untuk menjaga kondisi yang dimiliki oleh ayam phoenix agar tetap prima. Vitamin ini bisa kita campurkan dalam minuman yang akan kita berikan.

3. Serangan Penyakit

Di bulan-bulan tertentu terkadang ada beberapa penyakit lebih sering menyerang ayam Phoniex namun Anda bisa menghentikan penyebaran penyakit tersebut dengan melakukan sistem isolasi kandang. Jangan biarkan ayam bercampur dengan jenis ayam yang lain ataupun dengan umur yang masih berbeda. Hal ini sebagai upaya pencegahan yang dapat dilakukan untuk menghalau penyebaran penyakit tersebut. Amati dengan seksama gerak-gerik yang dialami oleh ayam dan segera pisahkan dengan ayam jenis yang lain untuk dilakukan perawatan yang lebih lanjut dan intensif.

4. Bentuk Kandang

Sebenarnya tidak ada perbedaan yang banyak antara kandang yang dimiliki oleh ayam phoenix dengan kandang ayam hias lainya. Akan tetapi keistimewaan dari ayam phoenix ini yang memiliki ekor panjang membuat kita perlu mendirikan kandang yang cukup tinggi dengan di lengkapi tangkringan tempat untuk ayam tersebut memajangkan ekornya agar tidak rusak.

5. Kebersihan Lingkungan Kandang

Hal ini tentu saja sangat penting karena dari kebersihan yang dilakukan inilah yang akan membuat ayam dalam keadaan yang sehat selalu. Kandang di bersihkan secara rutin dari pagi dan sore hari. Termasuk juga dalam membersihkan tempat minum dan makan ayam tersebut.

BACA JUGA>> Barbel Untuk Ayam Dan Cara Melatihnya Agar Kekuatanya Bertambah