5 Jenis Ayam Pama Beserta Kelebihannya

Sabung Ayam Taji5 Jenis Ayam Pama Ayam pama termasuk ayam aduan yang sedang mengalami kemajuan yang pesat. Hal tersebut bisa kita lihat dari jenis ayam pama yang banyak ragamnya. Ada sekitar 15 jenis spesies ayam pama yang baru yang sengaja dikawin silangkan dengan berbagai jenis ayam lainnya. Hal inilah yang mampu menghasilkan jenis ayam pama spesies baru misalnya seperti ayam pama gostan, ayam pama rambong, ayam pama krawing dan masih banyak lainnya. Di sini kami akan membahas secara detail 5 jenis ayam pama beserta kelebihannya yang sesuai dengan kepopulerannya di daerah kita Indonesia.5 Jenis Ayam Pama Beserta Kelebihannya

Ayam pama sendiri merupakan hasil persilangan dari ayam birma yang sengaja dikawin silangkan dengan ayam bangkok. Dan anakkan yang didapatkan dari kawin silang tersebutlah yang disebut dengan ayam pama.

Kelebihan Ayam Pama Saat Bertarung

Ayam Pama tergolong ayam yang mematikan dari segi pukulan yang sangat keras. Hal tersebut terbukti sesuai dengan pengamatan yang telah dilakukan diberbagai arena gelanggang. Maka dari itu banyak penggemar ayam aduan yang lama atau baru tertarik untuk merawat dan membudidayakan jenis ayam pama ini. Kelebihan yang dimiliki oleh ayam pama dalam hal pukulan yang dahsyat, kuat dengan gaya bertarung yang sering mengunci leher lawan sambil memukul. Selain itu ayam petarung jenis ini juga memiliki gerakan yang lumayan gesit,lincah, dan mampu mencari celah kelemahan lawan untuk memukul dan diimbangi juga dengan mengunci leher ayam lawan dan langsung memukul.

Pukulan ayam pama yang keras, terarah dan jika tepat maka mampu membuat lawan tarung bingung dan bahkan sedikit banyak lawan yang kabur untuk melarikan diri dari arena laga. Mungkin dari gaya dan teknik bertarung inilah banyak penggemar ayam aduan lebih menyukai ayam pama jika dibandingkan dengan ayam jenis lain misalnya birma brasil dan lainnya.

Banyak sekali jenis spesies ayam pama di Indonesia. Sesuai dengan judul yang telah diatas, mengenai 5 jenis ayam pama dan kelebihannya. Berikut ini sesuai dengan kepopuleran ayam dan jenis pama yang paling banyak dipelihara oleh penggemar ayam aduan :

Ayam Pama Gostan

Ayam pama gostan memiliki gaya bertarung yang relatif maju mundur, memiliki keakuratan pukulan hingga 90% yang tepat mengenai badan lawan khususnya di bagian leher sampai dengan kepala. Ciri fisik ayam pama gostan memiliki ukuran badan yang relatif besar jika kita bandingkan dengan ayam pama yang asli, memiliki bulu yang lebih lebat, ukuran kaki yang kecil, bulat, kering, dan memiliki warna yang cerah.

Ayam Pama Rambong

Ayam pama rambong memiliki gaya bertarung yang agresif, lincah, dan selalu mencari celah untuk maju menyerang, memiliki tingkat keakuratan pukulanm hingga 90% yang mampu mengenai bagian mata, paruh serta tenggorokan ayam lawan. Ciri fisik ayam pama rambong adalah memiliki ukuran badan yang lebih besar dibandingkan dengan jenis ayam pama yang asli, berat badan bisa mencapai 2,3 – 3 Kg, memiliki bulu yang lebar, warna yang mencolok dan mengkilat, bagian kaki yang kecil, bulat, kering serta memiliki warna yang gelap

Ayam Pama Mathai

Ayam ini merupakan hasil persilangan dari ayam pama dengan ayam bangkok. Gaya bertarung jenis ayam ini sangat agresif, bergerak maju, mundur, kiri, kanan dan selanjutnya mengunci di imbangi dengan pukulan yang tepat. Memiliki keakuratan pukulan hingga 90% yang mampu menembus sampai dengan tenggorokan, paruh, dan bagian kepala ayam lawan.

Ciri fisik ayam pama mathai memiliki ukuran badan yang lebih besar jika kita bandingkan dengan ayam pama yang asli. Berat ayam ini bisa mencapai 3-4 Kg. Warna bulu yang dimiliki lebih dominan gelap dan sedikit kusam, kaki kecil, kusam, kering, dan memiliki warna yang terang.

Ayam Pama Saigon

Ayam ini merupakan hasil persilangan dari ayam pama dengan ayam saigon. Gaya bertarung yang dimiliki oleh ayam ini adalah bergerak dengan lincah dan agresif lalu dengan cepat mengunci lawan dan mengeluarkan pukulan yang tepat dan keras. Memiliki tingkar keakuratan hingga 90% yang mampu mengenai bagian mata, paruh, dan tenggorokan lawan. Ciri ayam pama saigon adalah memiliki ukuran badan yang lebih besar dari ayam pama yang asli. Berat badan bisa mencapai 3-4 Kg dengan bentuk kaki yang kecil, bulat, dan gelap.

Ayam Pama Brasil

Ayam pama jenis ini merupakan hasil persilangan dari ayam pama dengan ayam brasil. Gaya bertarung yang dimiliki lebih dominan kontrol kanan-kiri dan tipe ayam ini tidak bisa untuk kita pancing. Pukulan yang akan mampu mengenai bagian syaraf lawan. Ciri khas ayam ini memiliki badan yang lebih besar dengan bobot bisa mencapai 3,4 Kg dan memiliki bulu yang lebat dan sedikit gelap, bentuk ukuran kaki yang kecil, bulat, kering, dan terang.

Demikian informasi mengenai 5 Jenis Ayam Pama Beserta Kelebihannya. Semoga informasi yang kami berikan dapat membantu anda dalam mengenal berbagai jenis ayam pama.

BACA JUGA>>  Permainan Sabung Ayam Sulawesi Selatan Massaung Manuk