5 Latihan Ayam Petarung Bangkok Yang Harus Dilakukan

Sabung Ayam Taji 5 Latihan Ayam Petarung Bangkok – Ayam petarung yang akan dilombakan sebaiknya harus dilatih dari jauh-jauh hari. Tujuannya tidak lain agar dapat memenangkan perlombaan atau laga yang akan dijalani tersebut. Sebelum diadukan dengan ayam petarung lainnya, sebaiknya ayam petarung yang anda miliki harus dalam kondisi yang baik dalam segi daya tahan tubuh, mental, kecepatan, tenaga, dan lain sebagainya. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, anda harus melakukan pelatihan terhadap ayam bangkok anda tersebut. Latihan yang dapat dilakukan adalah latihan fisik.5 Latihan Ayam Petarung Bangkok Yang Harus Dilakukan

Latihan fisik dapat dilakukan dalam satu bulan sebelum perlombaan tersebut dilakukan. Didalam latihan fisik tersebut, ada beberapa latihan yang dapat dilakukan terhadap ayam bangkok. Berikut ini adalah 6 latihan ayam petarung bangkok yang harus dilakukan tersebut:

1. Latihan Badan
Tujuan dilakukannya latihan badan adalah agar badan dari ayam petarung tersebut dapat lebih lentur lagi. Tidak hanya itu saja, tujuan lainnya adalah agar ayam terbiasa melakukan gerakan memutar pada saat bertarung nantinya. Posisi kaki dan badan akan lebih diperkuat lagi nantinya. Cara melakukan latihan badan adalah dengan memutar badan ayam ke kanan dan ke kiri. Setiap kali memutar adalah sebanyak 29 kali putaran. Dalam memutar badan ayam harus dilakukan dengan perlahan agar tidak membuat ayam menjadi pusing.

2. Latihan Leher
Tujuan dari latihan leher adalah untuk melatih agar otot-otot leher yang dimiliki oleh ayam tersebut lebih lentur pada saat menekuk leher lawan di arena pertarungan nantinya. Latihan leher dapat dilakukan dengan cara memutar leher ayam dengan cara perlahan. Gerakan memutarnya adalah ke kanan dan ke kiri. Setiap putarannya dihitung sampai 29 kali putaran. Usaha putaran yang dilakukan tidak terlalu cepat. Untuk satu kali putaran dapat dilakukan dalam waktu satu detik.

3. Latihan Sayap
Tujuan dilakukan latihan sayap adalah agar sayap lebih lentur lagi. Cara melatih sayap adalah dengan mengangkat badan ayam tersebut. Setelah itu, tangan anda memegang dada dan sayap ayam yang dilakukan latihan tersebut. Kemudian turunkan tangan anda yang memegang bagian dada ayam lalu dilanjutkan dengan melepaskan tangan yang memegang bagian sayap secara perlahan-lahan.

4. Latihan Kaki
Latihan kaki pada ayam juga sering disebut juga dengan push up ayam. Latihan kaki ini dilakukan dengan cara memegang punggung ayam tersebut. Cara memegangnya adalah menghadap ke arah bawah kemudian dorong tubuh ayam ke bagian depan. Lakukanlah latihan kaki ini setiap harinya. Untuk satu kali latihan dapat dilakukan sebanyak 29 kali.

5. Latihan Kaki dan Sayap
Jika diatas kita telah membahas bagaimana cara latihan sayap dan juga cara latihan kaki secara pisah. Dan sekarang kita akan membahas mengenai cara latihan kaki dan sayap yang tidak secara terpisah. Latihan kaki dan sayap dapat dilakukan dengan cara mengangkat ayam pada bagian dada dengan menggunakan telapak tangan. Dengan cara ini ayam nantinya seolah-olah akan melakukan tendangan yang dimilikinya. Latihan ini jika sering dilakukan dapat membiasakan ayam untuk melakukan tendangan. Latihan kaki dan sayap dapat dilakukan setiap harinya. Setiap kali latihan dapat dilakukan sebanyak 29 kali.

Itulah beberapa latihan yang harus dilakukan kepada ayam petarung bangkok. Latihan dapat dilakukan sekaligus. Setiap harinya latihan dapat terselesaikan dalam waktu 12 menit saja. Apabila sudah selesai dalam melakukan latihan, sebaiknya otot-otot ayam dilemaskan selama lima menit untuk mencegah terjadinya kaku dalam otot ayam.

BACA JUGA>> Ayam Bekisar, Ayam Kontes Asli Jawa Timur