Alasan Ayam Aduan Kurus dan Susah Gemuk

ayam aduan kurus dan susah gemuk - sabung ayam online

Sabung Ayam Online – Alasan Ayam Aduan Kurus dan Susah Gemuk – Ayam aduan yang kurus adalah problematika yang sering dialami para peternak ayam aduan. Oleh sebab itu perlu diketahui penyebab yang membuat ayam aduan kurus. Memiliki ayam aduan yang memiliki postur tubuh yang kurus akan menjadi masalah serius dan harus segera diatasi agar kembali memiliki tubuh yang ideal.

Alasan Ayam Aduan Kurus dan Susah Gemuk

1. Ayam Cacingan
Penyebab yang paling umum biasanya karena ayam cacingan. Cacingan adalah penyakit yang disebabkan oleh cacing parasit yang menyerang bagian usus ayam. Ciri ayam cacingan ialah tubuh ayam akan kurus, bulu kusam dan pertumbuhan ayam menjadi lambat. Cara mengatasi penyakit ini dapat diberikan obat cacing khusus ayam atau bisa juga dengan ramuan herbal dari buah pinang.
2. Faktor Keturunan
Faktor lainnya yang mempengaruhi kurusnya ayam yakni faktor keturunan yang dimana bawaan sejak lahir yang diturunkan oleh pacek dan babon ayam. Keturunan sangat mempengaruhi struktur fisik, teknik, bakat dan kecerdasan ayam aduan.
3. Pakan Kurang Gizi
Kemudian kemungkinan lain yang masuk akan adalah kurang gizi. Gizi ayam dapat dipenuhi dengan pakan yang seimbang dan sesuai dengan kebutuhan ayam. Sebagai peternak sebaiknya melakukan kombinasi pakan dan tidak hanya berpatok pada satu jenis makanan. Cobalah sesekali memberikan pakan berupa nasi, beras merah, konsentrat, sayur-sayuran, bahkan suplemen serta vitamin agar asupan gizi dapat terpenuhi.
4. Proses Perkawinan
Proses ini sangat berpengaruh terhadap bentuk dan ukuran ayam dan banyak para botoh yang mengatakan hal ini memang benar adanya. Perkawinan sangat berdampak buruk terutama jika ayam aduan masih sangat muda, hal ini dikarenakan pada masa ini dapat dikatakan ayam aduan masih dalam masa pertumbuhan. Tapi, hal ini juga dapat terjadi pada ayam dewasa, biasanya ayam yang sudah kawin akan kehilangan nafsu makan dan mereka lebih tertarik untuk memberikan makanan tersebut kepada ayam betina.
5. Ayam Terlalu Aktif
Ayam yang terlalu aktif bergerak juga dapat menyebabkan ayam menjadi kurus dan susah gemuk, pasalnya karena pembakaran lemak pada ayam yang aktif akan jauh lebih banyak dibandingkan dengan ayam yang malas bergerak. Solusi untuk masalah ini adalah dengan mengkandangkan ayam pada kandang bok dan berikan pakan yang maksimal.
6. Struktur Tulangan
Masalah struktur tulangan memiliki pengaruh terhadap ayam susah gemuk masih menjadi tanda tanya besar. Ada yang menerima anggapan ini dan ada pula yang membatahnya. Sebagian orang memang menganggap bahwa ayam yang memiliki tulagan kecil tidak bisa gemuk. Cara melihat tulangan ayam yaitu dengan cara melihat ukuran kaki pada ayam, jika berukuran kecil maka disebut struktur tulangan kecil dan sebaliknya.

Sekian ulasan mengenai alasan ayam aduan kurus dan susah gemuk. Semoga bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan. Terimakasih telah membaca.

Selamat Datang di palugadabet.co, Sabung Ayam Online.

Nikmati Bonus Sabung Ayam Hingga JUTAAN RUPIAH.
Segera Daftar dan Dapatkan Bonusnya.

Hubungi kontak resmi kami di palugadabet.co