Ayam Kukuak Balenggek Ayam Lokal Dari Sumatera Barat Dan Julukannya

Sabung Ayam Taji Ayam Kukuak Balenggek Ayam Lokal Dari Sumatera Barat Dan Julukannya. Ayam hias yang satu ini biasa juga di sebut dengan kokok balenggek ini adalah salah satu dari banyak ayam lokal yang berasal dari kabupaten Solok, Sumatera Barat.
Ayam Kukuak Balenggek Ayam Lokal Dari Sumatera Barat Dan Julukannya

Kata Balenggek dalam bahasa masyarakat Sumatera Barat Mempunyai Arti yaitu Irama Bertingkat, dan usut punya usus, kenyataannya kokok dari ayam ini mempunyai Ciri khas dan irama yang beda yaitu bertingkat dari 3 sampai 12 lenggek, kalo dalam bahasa masyarakat Sumatera.

Pada umumnya untuk kokok ayam ini terdiri dari 3 bagian, yakni ada bagia depan tengah dan akhir. Atau biasa di sebut Lenggek Kokok. Misalnya saja ayam kampung, Ayam tersebut juga memiliki kokok yang terbagi atas empat suku kata, kemudia suku kata yang terakhir biasanya lebih panjang dari tiga suku kata sebelumnya,namun hal itu justru sangat berbeda dengan ayam balenggek yang kokoknya terdiri dari 6- 15 suku kata

Namun hal tersebut justru berbeda dengan ayam balenggek yang kokoknya terdiri dari 6-15 suku kata.

Macam-macam Julukan Dari Ayam Kukuak Balenggek :

Tadung : kaki, paruh, dan mata berwarna hitam.
Pileh: kaki, paruh dan mata berwarna putih.
Jalak: kaki, paruh dan mata berwarna kuning.
Kurik : kaki, paruh dan mata berwarna lurik.
Putih : seluruh bulu berwarna putih bersih.
Kanso : seluruh bulunya berwarna abu-abu.
Biring : kaki, paruh dan mata berwarna merah.
Kinantan : kaki, paruh, mata dan seluruh bulu berwarna putih.

Untuk Penyebaran dari ayam yang satu ini bisa di bilang juga sudah mendunia karena pada tahun 1981 Seorang Insinyur yang berasal dari Belanda membawa sepasang ayam ini ke Negaranya belanda, karena dia sangat terkesan dengan suara dari ayam ini yang bisa di bilang sangat merdu dan Indah. Dan pada tahun 1994 seorang pejabat juga memberikan cindera mata kepada pangeran Akishinonomiya Fumihito dari Jepang, dan dia sangat terkesan sekali dengan keanggunan dari ayam ini sehingga dia memerintahkan kepada beberapa materinya harus memiliki ayam yang satu ini, Sekian berita yang bisa saya berika Salam hangat Sabung Ayam Taji.