Ayam Serama Dengan Harga 100 Juta Ada Di Indonesia

Sabung Ayam Taji Ayam Serama Dengan Harga 100 Juta – Kalau sudah berbicara mengenai hobi, maka semua orang akan rela mengeluarkan biaya sedalam-dalamnya seperti yang dilakukan oleh penggemar berat ayam serama yakni Eddie Sebayang, yang membayar ayam serama dengan harga Rp100 juta agar ayam jantan super mini idamannya tersebut bisa berada di dalam rumahnya, di Tangerang, Banten tersebut.Ayam Serama Dengan Harga 100 Juta Ada Di Indonesia

“Saya sangat gemar sekali kepada ayam serama jenis ini. Mungil, gayanya yang anggun, karakternya yang berani dan gagah. Uang sebanyak itu agaknya tidak pantas untuk ayam serama kualitas super ini yang berasal dari Malaysia,” katanya.

Dengan demikian, ayam serama yang kini telah beberapa hari berada di Indonesia dari Malaysia itu harganya melebihi harga sebuah mobil Toyota Avanza atau nyaris menyamai harga sebuah rumah tipe 36 kualitas menengah di lokasi satelit daerah Jakarta.

Sebayang, salah anggota Perhimpunan Penggemar Ayam Serama Indonesia (PPASI), diketahui memang telah mengoleksi ratusan ayam dari berbagai jenis yang ada di Indonesia maupun diluar Indonesia. Ayam serama yang berasal Malaysia menjadi satu kegemaran barunya setelah melihat sendiri keindahan ayam yang dimiliki ini.

Ayam serama, konon berasal dari “plesetan” kata Sri Rama untuk melambangkan kegagahannya dan merupakan ras ayam bantam terkecil yang ada di dunia dengan berat dan tinggi maksimal saat dewasa hanya sekitar 20 sentimeter dan memiliki berat 350 gram.

Ayam silangan temuan pemulia ayam asal Malaysia pada tahun 1985 tersebut, belakangan ini menjadi trend di dunia penggemar unggas karena keindahan, kegagahan, dan keanggunan yang dimiliki oleh ayam tersebut. Sekaligus sangat sulit untuk membiakkan ayam terkecil ini karena persentase telurnya yang menetas hingga dewasa sangat kecil untuk berhasil.

Menurut Sekretaris Jenderal PPASI, Rudiasfie Sofial, ayam serama jantan yang dibeli Sebayang itu memang kualitasnya sangat istimewa jika dibandingkan dengan ayam serama yang lain dari berbagai aspek penilaian baik itu penampilan dan karakter yang dimilikinya. “Gaya angkat dadanya bagus sekali jika dilihat, proporsi badan dan penampilannya sangat cantik, warnanya juga cerah, yaitu coklat emas,” katanya.

Dari segi ukuran tubuh, katanya, memang sangat mini untuk ukuran jantan yang telah menjelang dewasa ini, yakni 17,5 sentimeter dan berat hanya 200 gram. “Ayam sekecil itu jarang yang anatomi tubuhnya seimbang seperti ayam asal Kelantan, Malaysia ini. Mental yang dimilikinya juga tinggi; cuma mungkin dia akan mengalami kesulitan ditangkarkan,” katanya.

Sebagai pengurus penggemar ayam mini di Indonesia, Sofial menilai hingga bertahun-tahun ke depan ayam serama ini akan masih menjadi pusat perhatian bagi para penggemar ayam di dalam negeri karena apresiasi masyarakat cenderung meningkat terhadap ayam jenis ini.

Hingga saat ini PPASI memiliki 50 anggota yang aktif dengan ratusan lain yang belum mendaftarkan diri ke organisasi klangenan itu. Angggota-anggota itu telah tersebar dari berbagai bagian masyarakat dan penyebaran informasi keberadaan ayam serama itu semakin cepat terjadi pada saat ini.

BACA JUGA>> Kemenangan Ayam Sabung Di Tentukan Oleh Ayam Atau Pemiliknya ?