Azolla Jenis Pakan Lain Untuk Ayam Yang Murah Dan Berkualitas

Sabung Ayam Taji – Azolla Jenis Pakan Lain Untuk Ayam Yang Murah Dan Berkualitas Azolla microphylla adalah salah satu tanaman air yang memiliki protein yang bisa di bilang cukup tinggi maka dari itu tanaman yang satu ini merupakan solusi bagus sebagai pakan alternatif untuk ayam. Terutama pada ternak ayam broiler, ayam kampung maupun ayam jawa super. Mengingat melambungnya harga pakan pabrikan, para peternak ayam harus kreatif untuk mendapatkan pakan murah berkualitas agar dapat menekant biaya pakan.

Azolla Jenis Pakan Lain Untuk Ayam Yang Murah Dan Berkualitas

Dan Azolla adalah jawaban yang tepat jika kita sedang mencari pakan alami yang hemat biaya, ramah lingkungan, dapat di budidaya sendiri, dan dengan kandungan nutrisi, serat serta protein yang tergolong tinggi hingga 23%. Selain itu azolla sangat mudah di cerna oleh ayam karena tekstur azolla lunak atau mudah lumat hanya dengan di remas ringan, sehingga ayam yang masih kecil dapat menyantap azolla dengan mudah.

Kemanjuran Azolla microphylla ini telah terbukti pada Budidaya lele, namun bisakah ia diaplikasikan juga dalam ternak ayam? Meskipun belum ada uji ilmiah dari laboratorium, namun ternyata beberapa peternak ayam meyakini kemampuan Azolla dalam meningkatkan produksi telur ayam kampung sekaligus mampu menekan biaya pakan.

Hasil yang didapatkan dengan menggunakan pakan ayam alternatif berbahan Azolla ini ternyata sangat bagus, pertumbuhan ayam sangat baik dan jumlah telur yang dihasilkan juga selayak peternak yang memberi pakan yang diproduksi pabrik.

Maksimal azolla dapat kita aplikasikan 60% dari total pakan ayam kampung. Untuk ayam petelur maksimal 40% penggunaan pakan azolla. Dan untuk pengaplikasian azolla pada ayam dapat di berikan langsung kondisi masih segar maupun sudah di keringkan. Bisa sebagai campuran bahan pakan maupun sebagai pakan selingan.

Jika anda
peternak ayam dan ingin menghemat biaya produksi pakan,azolla adalah solusi yang tepat. Dengan membudidayakan azolla sendiri anda serasa punya pabrik pakan sendiri dengan begitu anda dapat meningkatkan produktifitas ternak dan bertambahnya keuntungan yang akan anda dapatkan di bandingkan jika semua sumber pakan ternak di dapatkan dengan 100% membeli.

Nah, bagi sobat peternak ayam yang ingin mengaplikasikan pakan alternatif berbahan Azolla ini, bahan yang sobat perlukan diantaranya adalah Azolla microphylla, beras dolog atau beras aking, dedak, dan tepung tulang atau tepung cangkang kerang. Sementara cara mengolah adalah sebagai berikut:

– Potong-potong azolla sampai ukuran kecil atau kurang lebihnya berukuran dibawah 1 cm.

– Setelah azolla dipotong-potong, selanjutnya campurkan semua bahan seperti beras dolog, dedak, serta tepung tulang menjadi satu. Setelah itu tambahkan air secukupnya dan kemudian direbus sampai semua bahan hancur dan tercampur rata. Dan perlu diingat juga sebelum mencampur semua bahan tersebut kalian harus memperhatikan takarannya. Contoh  untuk membuat pakan seberat 2 kg, sobat harus mencampurkan 1 kg azolla, ½ kg beras, ½ kg dedak dan untuk tepung tulangnya sendiri berikan sebanyak 1 sendok makan saja sudah dirasa cukup.

– Bila pakan sudah tercampur rata lalu angkat dan didinginkan, bila sudah dingin siap diberikan pada ayam kampung atau ayam yang lain.

Kekurangannya dari pakan alternatif ini adalah sulit mengadaptasikan ayam dengan pakan ini pada tahap awal, namun ini hanya terjadi beberapa hari saja. Solusinya adalah lakukan penyesuaian paksa ayam kampung tersebut untuk memakan pakan ini. Tak perlu takut ayam akan mati kelaparan, karena ketika mereka lapar maka mereka akan memakan pakan alternatif ini. Setelah itu ayam akan terbiasa memakannya dan masalah selesai.

Sekian Berita yang bisa kami berikan Salam hangat Sabung Ayam Taji.