Badan Ayam Bangkok Bergetar Inilah Penyebabnya

Sabung Ayam Taji Badan Ayam Bangkok Bergetar Inilah Penyebabnya – Mungkin sebagian besar para penggemar ayam bangkok dirumah mengalami keanehan pada ayam bangkok anda sendiri. Kenapa tiba-tiba badan ayam bangkok bisa bergetar kedinginan, nafsu makan yang dimiliki menurun drastis. Jika hal tersebut terjadi pada ayam bangkok anda, jangan dianggap gampang segeralah lakukan perawatan.Badan Ayam Bangkok Bergetar Inilah Penyebabnya

Akibat badan ayam bangkok yang bergetar bisa saja disebabkan oleh jenis penyakit gumboro. Penyakit gumboro sendiri sampai saat ini belum ditemukan obat untuk mengatasinya dan belum ada obat yang manjur untuk membasmi penyakit ini. Oleh karena itu, kita hanya bisa melakukan pencegahan atas penyakit tersebut agar tidak menyerang kepada ayam bangkok peliharaan anda. Penyebab badan ayam bangkok bergetar dan mengigil kedinginan disebabkan karena sebuah virus yang menyerang bagian organ ayam tersebut dan biasanya disebut dengan penyakit gumboro. Penyakit gumboro sendiri bisa kita kenali pada ayam yang mengalami kegigilan seperti kedinginan, nafsu makan menurun drastis, pada bagian dubur ayam mengalami keradangan, diare dan bergetar hebat.

Biasanya penyakit jenis gumboro ini banyak menyerang ayam bangkok yang masih berusia kecil berkisar usia 1-2 bulan. Untuk ayam sudah dewasa, sangat jarang kita temui jenis penyakit ini menyerangnya. Penyakit gumboro adalah jenis penyakit yang menular dengan melalui kotoran yang dikeluarkannya, tidak melalui wadah pakan dan minum serta peralatan sehari-hari yang sering kita gunakan.

Untuk masalah pengobatan jenis penyakit gumboro ini sampai saat ini belum ditemukan obat yang telah terbukti manjur. Kita hanya bisa mencegahnya agar penyakit tersebut tidak sampai menyerang bibit ayam bangkok yang kita miliki. Sebaiknya jika bibit ayam bangkok yang baru menetas, langsung saja dilakukan vaksin yang bisa menangkal jenis penyakit ini. Itulah cara satu-satunya yang bisa digunakan untuk mencegah jenis penyakit gumboro.

Bibit ayam yang telah berusia 1 minggu, lakukanlah vaksinasi untuk menjaga daya tahan tubuhnya serta vaksin tersebut berfungsi untuk menjaga tubuh ayam bangkok terhindar dari berbagai jenis penyakit. Jika vaksin berupa vaksin gumboro maka vaksin tersebut hanya cenderung mencegah dan menanggulangi jenis penyakit tertentu dan tidak secara keseluruhan.

Oleh karena itu, jangan sampai bibit ayam bangkok terkena penyakit ini karena jika terkena maka anakan ayam bangkok akan sulit untuk dilakukan pengobatan dan penyembuhan. Selain itu, penyakit ini akan gampang untuk menulari dengan cepat kepada bibit anakan ayam bangkok yang masih dalam keadaan sehat lainnya.

BACA JUGA>>  Ayam Black Sumatera Yang Menjadi Idaman Karena Bulunya Mengkilat