Berbagai Jenis Ayam Petarung Unggulan

Sabung Ayam Taji – Di Indonesia banyak Jenis Ayam Petarung Unggulan yang banyak diminati oleh para penghobi Sabung Ayam selain dari Ayam Bangkok.

Berbagai Jenis Ayam Petarung Unggulan

Banyak berbagai jenis ayam petarung unggulan yang bisa dikatakan jawara selain dari Ayam Bangkok, seperti ayam yang berasal dari Vietnam seperti Ayam Pakhoy dan Ayam Saigon yang bisa dikatakan memiliki keunggulan yang berbeda beda pada saat berlaga.

Berikut Beberapa Jenis Ayam Petarung Unggulan versi Sabung Ayam Taji :

  • Ayam Bangkok

Ayam jenis ini sudah tidak asing lagi bagi penggemar Sabung Ayam, karena banyak dari jenis Ayam Bangkok yang dijadikan sebagai unggulan dalam pertandingan. Ayam Bangkok ini memiliki gaya bertarung yang terbilang sempurna, baik  dari bentuk badan, gerakan si ayam, dan gaya pukulan yang sangat baik bahkan mental dari Ayam Bangkok ini juga sangatlah bagus.

  • Ayam Birma

Jenis Ayam Birma merupakan ayam petarung yang unggul untuk ayam yang mempunyai ukuran kelas 2 sampai 2,5kg. Kelebihan dari Ayam Birma terletak pada mentalnya yang sangat kuat untuk terus bertempur dengan menggunakan gaya bertarung dominan selalu menyerang maju mundur seiring menggunakan pukulan andalannya.
Akan tetapi jenis Ayam Birma ini memiliki kekurangan dalam hal bentuk badan, karena kebanyakan ayam ini memiliki postur tubuhnya yang lebih kecil jika dibandingkan dengan ayam lainnya dan ayam birma ini sering dikawin silangkan untuk mendapatkan ayam petarung yang jauh lebih unggul.

  • Ayam Siam

Ayam Siam jenis ini terbilang memiliki gaya bertarung yang paling baik karena ayam ini akan menyerah dalam kondisi apapun walapun posisi dari Ayam Siam ini sedang terpojok, pukulan dari Ayam Siam ini sangatlah keras dan menyakitkan sehingga bisa membuat lawan tandingnya tumbang. Ayam Bangkok muda akan sangat ketakuan bila berhadapan dengan Ayam Siam ini karena Ayam Siam ini memiliki wibawa yang sangat kuat.

  • Ayam Shamo

Ayam Shamo ini berasal dari Jepang dan memiliki bentuk tubuh yang terbilang bagus dengan tinggi tegap dan atletis. Ayam Shamo dikenal dengan pukulan yang sangat akurat yang bisa dikatakan 90% mengenai sasarannya. Ayam Shamo di Indonesia sangatlah jarang ditemui dalam pertarungan karena biasanya Ayam Shamo ini sering digunakan untuk indukan kawin silang saja.

  • Ayam Saigon

Ayam yang berasal dari Vietnam ini terbilang memiliki kualitas pertahan yang sangat baik, bisa dibilang ayam jenis ini kebal terhadap pukulan dan memiliki pukulan yang sangat mematikan sehingga mampu membuat lawan lari keluar arena. Selain memiliki kelebihan baik dalam pertarungan, namun ayam ini juga memiliki banyak kekurangan antara lain Ayam Saigon ini memiliki gaya bertarung yang paling buruk di atarna jenis ayam petarung lainnya karena gaya bertarung dari Ayam Saigon ini terbilang arogan dan sering mengeluarkan pukulan secara liar sehingga membuat ayam ini cepat kehabisan stamina.