Berbagai Jenis dan Macam Ayam Birma atau Burma

Sabung Ayam Taji Berbagai Jenis dan Macam Ayam Birma – Ayam Burma ataupun yang biasanya disebut dengan ayam Birma adalah salah satu jenis ayam yang berada di Indonesia yang berasal dari Negara Myanmar. Pada negara asalnya, ayam jenis tersebut kebanyakan dipelihara oleh masyarakat-masyarakat Myanmar yang berada di pedesaan dan digunakan sebagai ayam peliharaan di dalam rumahnya masing-masing. Sedangkan yang berada di Indonesia ayam ini banyak digunakan sebagai ayam aduan atau ayam laga untuk menjadikan sebagai symbol kekuasaan.Berbagai Jenis dan Macam Ayam Birma atau Burma

Dahulu, sekitar 10 tahun yang lalu. Populasi yang dimiliki oleh ayam Burma tidak sebanyak pada saat ini, karena masih jarangnya peminat yang menyukai ayam birm ini. Akan tetapi saat ini sudah berbeda, banyak sekali ayam Burma yang secara langsung didatangkan dari Negara Myanmar ke Indonesia untuk memenuhi kebutuhan pasar yang dipenuhi oleh permintaan atas ayam birma tersebut. Meningkatnya permintaan atas ayam tersebut, dikarenakan harga jual-beli yang dimiliki oleh ayam Burma yang lumayan stabil dan lebih menjanjikan. Sehingga, membuat masyarakat Indonesia mulai untuk memelihara dan mengawinkan silang antara ayam Burma dengan ayam jenis lokal lainnya. Dengan adanya kawin silang yang dilakukan akan menghasilkan beberapa jenis ayam Burma campuran.

Seperti yang telah dijelaskan di atas dan sesuai dengan topik pembahasan kali ini, kita akan mempelajari berbagai jenis dan macam ayam Burma yang berada di Indonesia baik itu yang murni atau yang sudah mengalami kawin silang dengan ayam lokal lainnya. Berikut beberapa jenis dan macam ayam Burma tersebut antara lain :

Ayam Burma Myanmar (Original)
Ciri utama yang dimiliki oleh ayam Burma Myanmar atau Original adalah memiliki bentuk tubuh yang kecil, tulang yang relatif tipis, memiliki bulu yang lumayan lebar, dan memiliki warna wido atau warna dominasi jalak serta warna yang berbintik kecoklatan. Bentuk kakinya hampir sama seperti kaki burung pemakan ikan yang sangat keras, dan kukunya memiliki warna hijau yang kecoklatan.

Ayam Burma Gostan
Ayam ini dapat dibilang sebagai generasi terbaru dari ayam Burma Myanmar Original. Ayam ini memiliki gaya bertarung yang khas yaitu berjalan mundur dan bergerak seperti menghindar seranga dari lawan, hingga melepaskan pukulan kearah kepala atau mata lawan yang dihadapinya.

Ayam Burma Rambong
Sama seperti ayam Burma Gostan, ayam Burma Rambong juga merupakan generasi terbaru dari ayam Burma original. Ciri utamanya adalah memiliki gaya bertarung yang sangat unik dan sangat lincah seperti sedang dalam keadaan menari, ketika bertarung ayam ini dapat melepaskan pukulan kearah kepala dan mata lawannya serta saat dalam keadaan jatuh pun masih dapat untuk melancarkan serangan terhadap lawannya.

Ayam Burma Brasilian
Ayam jenis ini merupakan hasil perkawinan silang antara ayam Burma original dengan ayam Brasil, dengan genetik yang dimiliki adalah hampir 85 % ayam Burma dan sisanya adalah ayam yang berasal dari Brasil. Karena sebagian genetiknya adalah ayam Burma, maka gaya bertarungnya hampir sama dengan gaya bertarung yang dimiliki oleh Ayam Burma Original. Namun yang membedakan hanyalah gaya bertahan yang ditunjukkannya saja. Sebab ayam ini sangat bertahan terhadap pukulan dan tidak mudah untuk tumbang di arena laga. Selain itu pukulan yang dilakukannya diyakini bisa lebih mematikan, tetapi kecepatan yang dimilikinya jauh lebih lambat dari gerakan yang dimiliki oleh ayam Burma original.

Ayam Burma Mabil
Ayam jenis ini adalah ayam yang berasal dari generasi terbaru dari ayam Burma original dan memiliki gaya bertarung yang sangat khas. Sebab, ketika berkelahi ayam ini akan melancarkan serangan kepada lawan sambil melompat seperti kuda yang sedang dalam keadaan terbang.

Ayam Pama
Ayam jenis ini merupakan ayam hasil dari kawin silang yang dilakukan antara ayam Burma dengan ayam petarung yang berada di Indonesia yaitu ayam Burma dengan ayam siam dan ayam Burma dengan ayam Saigon. Meskipun sudah banyak mengalami kawin silang, ayam Pama masih mempunyai sekitar separuh genetik dari ayam Burma yang original.

BACA JUGA>> Si Kelabu, Ayam Hutan Kelabu Yang Menawan Dan Hampir Punah