Cara Memandikan Ayam Aduan Terbaik

Cara Memandikan Ayam Aduan Dengan Baik dan Benar

Cara Memandikan Ayam Aduan Terbaik

Sabung Ayam Online – Salah satu perawatan yang perlu diberikan untuk ayam aduan adalah memandikannya. Memandikan adalah perawatan wajib untuk menjaga kesehatan dan kebersihan ayam aduan. Berikut adalah cara memandikan ayam aduan yang tepat untuk ayam aduan anda.

1. Memandikan Ayam
Cara memandikan ayam yang paling benar adalah dengan membersihkan dan membuang lendir yang ada di tenggorakan ayam dengan menggunakan bulunya. Setelah itu baru bisa mulai memandikan ayam yang dilakukan dari bagian kepala lalu tundukan kepala ayam sambil memberikan guyuran dengan menggunakan spon dan basuh wajarnya dengan spon. Tujuan menggunakan spons adalah membersihkan bulu bulu agar lebih mudah terangkat dan spon memiliki permukaan yang halus sehingga tidak akan menyakiti ayam.

Setelah membasahi seluruh tubuh ayam, pastikan tubuh ayam benar benar basah sampai ke kulit. Bagian tubuh yang perlu di basahi dengan air adalah kloaka / anus. Bagian ini perlu dibersihkan beberapa kali hingga benar benar bersih.

Basuh seluruh tubuh ayam dengan spons yang sudah di basahi sehingga memiliki kadar air yang banyak. Membersihkan ayam tidak perlu menggunakan sabun, cukup dengan air dan bersihkan sampai bersih hingga ke jantur ayam.

Memandikan ayam tidak perlu dilakukan setiap hari, hanya cukup seminggu sekali saja. Memandikannya juga cukup hanya dengan menggunakan air saja, tidak perlu menggunakan shampoo. Sesekali bisa dengan menggunakan shampoo untuk menghilangkan kut pada bulu. Tapi jangan di berlebihan karena dapat merusak bulu.

2. Menjemur Ayam
Manfaatkan sinar matahari untuk menjemur ayam yang sudah dimandikan. Caranya juga mudah karena hanya cukup masukan ayam ke kandang dan letakkan di daerah yang terkena sinar matahari.

Jam yang tepat untuk menjemurnya adalah pada pukul 09.00-11.00 pagi. Pada jam ini sinar matahari memiliki vitamin D inaktif yang dapat memberikan kekuatan dan kepadatan pada tulang dan bulu ayam.

Perlu diingat jemurlah ayam hanya sebatas untuk mengeringkan bulu, jangan sampai terlalu lama karena dapat merusak metabolisme tubuh ayam dan dapat mengurangi bobot tubuh dan kekuatan pukulannya.

Selamat Datang di palugadabet.com, Sabung Ayam Online.

Nikmati Bonus Sabung Ayam Hingga JUTAAN RUPIAH.
Segera Daftar dan Dapatkan Bonusnya.

Hubungi kontak resmi kami di palugadabet.com