Cara Membuat Nafas Ayam Bangkok Menjadi Lebih Panjang

Sabung Ayam Taji Cara Membuat Nafas Ayam Bangkok Menjadi Lebih Panjang – Agar anda para penggemar ayam bangkok di rumah mendapatkan ayam bangkok dewasa yang tangguh serta nafasnya yang tahan lama di arena laga maka dipastikan untuk melakukan perawatan secara benar sesuai dengan tipe ayam. Maksud dari tipe ayam itu sendiri adalah gaya bertarung yang dimilikinya, misalnya ayam yang memiliki gaya bertarung taji atau gaya bertarung yang lebih dominan teknik lompat mukul.

Cara Membuat Nafas Ayam Bangkok Menjadi Lebih Panjang
Cara Membuat Nafas Ayam Bangkok Menjadi Lebih Panjang

Namun tidak semua para penggemar ayam bangkok yang mampu menghasilkan ayam bangkok yang memiliki gaya bertarung hebat serta bisa untuk dijadikan sebagai jagoan di arena laga.

Ciri ayam bangkok yang memiliki kualitas bagus bisa kita lihat dalam pemilihan bibit dari induk yang jelas asal-usulnya, warna bulu yang terang, halus dan mengkilat, bagian paha yang besar dan rapat, mata yang jernih serta ayam yang mampu bertahan hingga beberapa ronde dalam arena laga karena memiliki sistem pernafasan yang kuat.

Nafas ayam bangkok juga sangat perlu kita latih karena jika ayam bangkok memiliki tipe nafas yang pendek maka ia tidak akan bisa untuk bertahan lama dalam melakukan pertarungan dalam arena pertandingan, begitu juga dengan sebaliknya jika ayam bangkok memiliki nafas yang panjang maka dengan santai saja ayam tersebut akan menyelesaikan pertarungan tanpa terlihat mengalami kelelahan.

Oleh karena itu, melatih nafas ayam bangkok sangatlah penting. Cara melatih nafas ayam bangkok adalah dengan cara sesering mungkin melakukan latihan jajal tarung. Jajal tarung yang diberikan harus memiliki tambahan durasi yang panjang dari hari ke hari.

Sebagai contoh jika pertama ayam melakukan jajal tarung dalam tempo 5 menit maka hari berikutnya kita berikan latihan dengan tempo waktu 10 menit dan hari selanjutnya 15 menit sampai seterusnya sampai kita menemukan nafas ayam tidak mengalami megap-megap hingga beberapa ronde sesuai dengan yang telah kita tentukan misalnya yang kita tentukan adalah ayam yang harus mampu menyelesaikan 5 ronde.

Didalam 5 ronde tersebut ayam juga harus benar-benar memiliki nafas yang kuat. Jika hal ini rutin kita lakukan pada ayam bangkok maka saat tiba waktunya ayam kita lepas dalam arena pertandingan, maka ayam tersebut akan memiliki kekuatan bagus baik dalam fisik, tenaga, dan nafasnya.

Dalam melakukan latihan jajal tarung ini berfungsi untuk melihat kelemahan dan kekurangan ayam saat berlaga di arena. Sebagai contoh saat bertarung ayam memiliki pukulan yang kurang keras, kurang akurat dan lain sebagainya. Dengan demikian kita sudah bisa mengetahui apa saja yang harus kita perbaiki dan yang dilatih.

Jika ayam mengalami masalah pukulan, berarti otot bagian kaki ayam perlu di tingkatkan latihannya. Setelah melakukan latihan jajal tarung secara rutin maka ayam akan semakin bagus dalam hal kekebalan tubuh fisik ayam tersebut.

Akan tetapi perlu anda ingat jika saat melakukan latihan jajal tarung jangan pernah sekali pun menyiksa ayam yang dilatih hingga seluruh energinya habis terkuras.

Berikanlah latihan yang sewajarnya dan jangan sampai menyakiti ataupun menyiksa ayam tersebut dengan latihan yang memaksa. Jika ayam terlalu dipaksa dan belum kuat kondisi fisik ayam tersebut maka bisa ditakutkan ayam akan ngedrop dan jika hal ini terjadi maka anda akan mengalami kerugian.

BACA JUGA :