Cara Mencegah Sifat Ayam Aduan Kanibalisme

mencegah sifat ayam aduan kanibalisme - sabung ayam online

Sabung Ayam Online – Cara Mencegah Sifat Ayam Aduan Kanibalisme – Banyak para pecinta ayam aduan yang memiliki masalah mengenai sifat ayam aduan yang kanibalisme. Kanibalisme biasanya terjadi pada anakan ayam aduan saja.

Biasanya pasti ada anakan ayam aduan didalam kandang yang akan saling mematuk dan paling banyak dijumpai anak ayam aduan yang lemah akan menjadi korbannya. Kanibalisme ini adalah masalah yang cukup serius sebab dapat menyebabkan kematian akibat badan yang penuh luka.

Banyak faktor yang menjadi penyebab kanibalisme ini, salah satunya bisa juga dikarenakan parasit yang memacu karena beberapa parasit dapat menyebabkan penyakit. Jika ada parasit dalam tubuh ayam, ayam akan merasa gatal dan mematuk dirinya sendiri sampai berdarah. Faktor lainnya biasa karena kepadatan anak ayam dalam kandang terlalu penuh sehingga tidak banyak ruang untuk bergerak.

Cara Mencegah Sifat Ayam Aduan Kanibalisme

Mengurangi jumlah anakan ayam aduan dalam satu kandang
Bisa dilakukan dengan mengurangi jumlah anakan ayam dalam satu kandang sehingga ayam akan mendapatkan ruang gerak yang lebih luas. Hal ini berguna juga untuk melepas panas tubuhnya dan besarnya kandang sebaiknya 11/12 meter persegi. Dalam satu kandang tersebut sebaiknya berisi anakan ayam yang sebaya atau pisahkan anakan ayam yang sudah beranjak dewasa.
Memotong sedikit paruh anakan ayam aduan
Anda juga dapat memotong sedikit paruh ayam agar tidak melukai saat anakan ayam mematuk yang lainnya. Pemotongan tersebut dilakukan pada anakan ayam yang masih berumur dibawah satu minggu, karena akan memberikan keuntungan dalam hal penanganan jauh lebih muda serta paruhnya pun masih lunak.
Menambah jumlah makanan dan minuman
Dianjurkan untuk menambah jumlah pakan dan minum dalam satu kandang, sehingga anakan ayam tidak saling berebut dan mendapatkan porsi makan dan minum yang cukup.
Kandang bersih dan suhu terjaga
Kandang anakan ayam aduan juga harus sering dibersihkan dan disemprot dengan antiseptik formades dan sporades. Suhu dalam kandang pun penting untuk diperhatikan agar selalu segar dan memiliki kelembaban yang baik serta memiliki ventilasi udara yang cukup.

Demikian pemabahasan mengenai “Cara Mencegah Sifat Ayam Aduan Kanibalisme”, semoga bermanfaat dan menambah ilmu kalian semua yang membaca artikel ini. Selamat membaca dan dipraktikkan sendiri.

Selamat Datang di palugadabet.com, Sabung Ayam Online.

Nikmati Bonus Sabung Ayam Hingga JUTAAN RUPIAH.
Segera Daftar dan Dapatkan Bonusnya.

Hubungi kontak resmi kami di palugadabet.com