Cara Mengawinkan Ayam Pelung Unggulan

Sabung Ayam Taji Cara Mengawinkan Ayam Pelung – Banyak pemula yang berusaha membudidayakan jenis ayam pelung. Akan tetapi, tidak semua peternak ayam pelung yang masih pemula mengetahui cara mengawinkan ayam pelung unggulan. Dalam artikel ini akan kami bahas tentang bagaiman cara yang jitu dalam budidaya ayam pelung ini hingga di hasilkan bibit yang berkualitas unggulan. Sebelum mengawinkan ayam pelung ini, langkah penting yang harus dilakukan adalah memiliki indukan yang baik dan unggul, baik dalam segi induk betina maupun dari induk jantannya.Cara Mengawinkan Ayam Pelung Unggulan

Indukan yang baik akan menghasilkan bibit yang baik, itu sudah menjadi takdir alam. Selain itu, dalam masa perawatan dan pemeliharaan serta pelatihan juga harus lebih diprioritaskan. Tanpa adanya hal tersebut, mustahil jika ayam pelung bisa menjuarai arena kontes. Tidak terlalu sulit dalam mengawinkan ayam pelung yang unggulan ini. Sama seperti ayam kampung dan ayam aduan lainnya, teknik mengawinkan ada dua cara yakni dengan dodokan, ayam betina kita pegang lalu disodorkan dengan induk jantan dan dengan cara kawin alami, kedua induk ayam tersebut di kurung atau di letakkan dalam kandang umbaran untuk beberapa hari hingga kedua indukan tersebut benar-benar sudah kawin.

Itu saja cara untuk mengawinkan ayam pelung ini. Cara yang dimilikinya sama dengan jenis ayam lainnya. Tidak ada trik ataupun cara yang khusus. Bagi anda yang berminat ingin membudidayakan ayam pelung ini, yang penting untuk dilakukan adalah ketelitian baik dari perawatan maupun dari cara melatihnya. Banyak orang yang telah sukses berkat budidaya jenis ayam ini. Selain karena harganya yang mahal bahkan bisa melebihi harga ayam bangkok aduan. Cara perawatan dan pelatihannya juga tidak terlalu sulit untuk dilakukan tidak sama seperti ayam bangkok.

Jika ayam bangkok memiliki banyak jenis latihannya karena tenaga, teknik, dan pukulan yang sangat dibutuhkan dari ayam bangkok tersebut. Sedangkan ayam pelung hanya suaranya saja yang perlu untuk diperhatikan sementara bentuk dan fisik lainnya tidak terlalu penting bagi ayam ini. Akan tetapi, jika kedua perawatan baik itu suara dan fisiknya dirawat secara seimbang maka hasil dan kualitas ayam yang dihasilkan akan bertambah bagus. Sebaiknya imbangi perawatan yang dilakukan tersebut, jangan cuman suara yang diperhatikan tetapi fisik dan mental juga perlu untuk diperhatikan bagi ayam pelung ini.

BACA JUGA>> Rajanya Ayam Dari India Dan Ukurannya Yang Jumbo Ayam Brahma