Cara Mengawinkan Induk Ayam Serama Muda Dengan Cepat

Sabung Ayam Taji Cara Mengawinkan Induk Ayam Serama – Ayam serama jantan bisa mengawini induk betina hingga 4 ekor dalam satu kandang. Akan tetapi, lebih bagusnya jika ayam jantan serama dikawinkan dengan satu ekor induk betina secara bergantian agar induk jantan tersebut lebih fokus terhadap pasangannya. Setelah kita menyatukan induk ayam serama dalam satu kandang, kemudian biarkan ayam tersebut kawin dengan sendirinya. Biasanya sang induk jantan akan langsung menggoda induk betina begitu kedua induk tersebut kita satukan.

Cara Mengawinkan Induk Ayam Serama Muda Dengan Cepat

Perlu diingat dalam hal melakukan perkawinan ayam serama, pastikan induk ayam serama tersebut sudah memiliki umur hingga satu tahun maupun lebih. Hal ini dilakukan agar sela telur mampu dibuahi induknya dengan sempurna. Tingkat keberhasilan juga akan lebih besar jika dibandingkan dengan induk yang belum ada satu tahun umurnya. Dalam kandang, sebaiknya langsung kita lengkapi dengan tempat untuk bertelur yang bisa kita buatkan dari kotak kayu dan dialasi dengan jerami agar nantinya ayam serama bisa bertelur setelah melakukan perkawinan.

Akan tetapi jika dalam satu kandang kita memiliki 2-4 ekor betina dengan satu jantan, maka siapkan tempat bertelur sesuai dengan jumlah induk ayam yang berada di dalam kandang tersebut. Agar nantinya masing-masing induk tidak menggangu induk yang lain yang telah bertelur duluan. Jika selama satu bulan bahkan lebih induk ayam serama tidak menghasilkan telur setelah dilakukannya perkawinan, maka induk betina tersebut kita pastikan gagal untuk bertelur. Hal ini bisa saja akibat belum siapnya indukan tersebut.

Proses perkawinan yang dilakukan ini hampir sama dengan ayam kampung biasa, induk serama juga menetaskan telurnya selama 20 sampai 22 hari setelah melakukan proses mengerami. Setelah induk betina bertelur, telur harus langsung kita ambil untuk ditetaskan di mesin penetas telur. Hal tersebut akan lebih cepat jika dibandingkan dengan induk yang mengerami telurnya sendiri. Saat induk telah melakukan perkawinan dan berhasil bertelur, berikanlah pakan yang banyak mengandung protein yang tinggi untuk menunjang sel telur ayam serama agar bisa terbuahi secara sempurna.

Melakukan pengamatan dan perawatan sangat penting untuk kita lakukan agar tingkat keberhasilan yang dihasilkan lebih tinggi. Akan tetapi, jika kita biarkan saja tanpa adanya pengawasan dan perawatan yang kita lakukan dari mulai perkawinan sampai induk bertelur dan mengerami, maka hasilnya akan mengecewakan. Lakukan perawatan dengan teliti dan khusus agar nantinya ayam tersebut juga akan memberikan hal yang bagus bagi sang pemiliknya yang selama ini telah merawatnya.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai cara mengawinkan induk ayam serama muda dengan cepat. Semoga informasi yang kami berikan dapat membantu anda dalam melakukannya.

BACA JUGA>> Ayam Onagadori Ayam Asal Jepang Yang Memiliki Ekor Panjang