Cara Mengobati Dubur Ayam Yang Keluar

cara mengobati dubur ayam yang keluar sabung ayam online

Sabung Ayam Online – Cara Mengobati Dubur Ayam Yang Keluar. Dubur ayam yang keluar pada ayam betina atau dara biasanya adalah pada pertama kalinya ayam tersebut bertelur.

Namun selain itu ada beberapa penyebab yang membuat dubur ayam keluar, yaitu:
1. Bertelur Di Usia Dini
Aya betina yang bertelur lebih cepat sebelum waktunya biasanya akan menyebabkan dubur atau anusnya keluar. Hal ini disebabkan karena jaringan pengikat pada ayam belu benar benar kuat. Penyebab ayam yang bertelur lebih dini dikarenakan diberikan pakan yang berlebihan sehingga ketika ayam berusai 5,5 bulan badan ayam sudah besar dan montok.

2. Kelebihan Protein
Protein yang berlebihan pada tubuh ayam dapat menghasilkan telur dengan ukuran yang besar sehingga telur sulit dikeluarkan dari tubuh ayam. Pada dasarnya telur ayam terbentuk dari kalsium dan protein. Kandungan kalsium membantu pembentukan cangkang sedangkan protein membantu pembentukan telur putih. Semakin besar kandungan kalsium dan protein maka semakin besar juga bentuk telur yang akan dihasilkan. Hal ini bisa menjadi salah satu penyebab keluarnya anus pada dubur ayam betina karena akan sangat sulit bagi ayam untuk mengeluarkan telur dengan ukuran yang cukup besar.

Cara Mengobati Dubur Ayam Yang Keluar

Jika dubur ayam betina anda keluar maka hal pertama yang harus dilakukan adalah memisahkan ayam tersebut dari ayam ayam yang lain agar duburnya tidak diciumi dan dipatuk oleh ayam yang lain. Hal ini bertujuan agar mencegah infeksi atau penyakit yang dapat dengan mudah tertular dari lingkungan sekitar. Selain itu jika dubur ayam sudah keluar dan ayam tetap dipaksa untuk bertelur maka akan berakibat fatal dan menyebabkan kematian.

Berikan obat supertetra yang dapat dibeli di apotik dengan memberikannya sebanyak dua kali sehari pada pagi dan sore hari. Pemberian kunyit dengan seperempat amoxilin juga dapat membantu penyembuhan pada dubur ayam.

Jika dalam waktu tiga hari dubur ayam tidak kunjung kempes atau sembuh maka anda bisa memberikan minyak tawon atau penincillin oil pada dubur ayam.

Dalam proses penyembuhan sebaiknya ayam diberikan makanan yang lembek agar proses pencernaan tetap dapat berjalan lancar.

Selamat Datang di palugadabet.com, Sabung Ayam Online.

Nikmati Bonus Sabung Ayam Hingga JUTAAN RUPIAH.
Segera Daftar dan Dapatkan Bonusnya.

Hubungi kontak resmi kami di palugadabet.com