Cara Mengobati Penyakit Sariawan Untuk Ayam

Sabung Ayam Online – Cara Mengobati Penyakit Sariawan Untuk Ayam, Ternyata yang bisa terkena sakit sariawan tidak hanya manusia saja, Ternyata Ayam aduan pun Juga sering mengalaminya, Dan penyakit sariawan dari si ayam juga sering disebut dengan goham/manik.

Cara Mengobati Penyakit Sariawan Untuk Ayam

Hal ini bisa terlebih dahulu ditandai dengan ayam yang tiba-tiba susah berkokok, Atau nafsu makan agak berkurang, Ada juga yang keluar lendir dari mulutnya. Dan biasanya penyakit ini menyerang di dalam mulut ayam dan berupa bintik-bintik putih yang kekuningan yang biasanya berada di tenggorokan ayam. Penyakit ini sama sekali jangan dianggap enteng karena penyakit sariawan ayam ini bisa berubah mejadi penyakit dugal/tumur pada ayam. Memang sanggat banyak faktor yang bisa menyebabkan manik/goham pada ayam aduan di antara lain adalah:

-Karena Tarung/abar
-Karena Pacrok/tarung dikandang
-Juga bisa karena Membuka paruh ayam tidak benar di saat loloh
-Dan Mengorok tenggorokan ayam dengan tidak benar
-Bisa juga Tergores benda tajam di saat makan
-Bisa karena Kebersihan kandang dan juga makan minum yang kurang bersih
-Dan Makan makanan yang terlalu keras (batu, kaca,dll)

Hal tersebut juga bisa membuat nafsu makan si ayam menurun dan yang akhirnya membuat ayam menjadi drop dan akhirnya ayam menjadi kurus, bahkan jika terjadi lebih parah lagi ayam bisa jadi mengidap dugal atau tumor membengkak besar dan pastinya akan jauh lebih lama lagi untuk proses pengobatan kesembuhannya. Adapun obat-obat untuk mengobati goham/manik atau sariawan untuk ayam sebagai berikut :

Untuk Pengobatan Kimia

1. GOHAM TIUP
Berkhasiat :Bisa Menyembuhkan goham pada lubang nafas si ayam (bintik putih)
Untuk Cara Pakai : Gunakan 2x sehari sampai si ayam sembuh atau kurang lebih selama 4-7 hari.

2. Albothyl
Untuk Pengobatanya teteskan saja Albothyl pada luka goham/manic, Dan lakukan sehari sekali. Sebagai salah satu anti
bakteri, anti jamur dan juga anti parasit tanpa menimbulkan resistensi. Keunggulan dari Albothyl: Bisa Mencegah infeksi, Dan menghentikan perdarahan pada ayam, Dan tidak merusak jaringan, Bisa Mempercepat pembentukan jaringan baru, Dan menggantikan jaringan yang rusak Serta Menghilangkan rasa sakit.

3. Amoxicyllin
Segera Minumkan pada ayam aduan dengan dosis 1 hari satu kali. Beberapa penyakit yang juga biasa diobati dengan obat Amoxicillin di antara lain adalah infeksi pada telinga tengah, radang tonsil, radang tenggorokan, dan radang pada laring, bronchitis, pneumonia, infeksi saluran kemih, dan juga infeksi pada kulit.

4. METRONIDAZOL
Kasih dengan dosisi 1/2 tablet pagi dan sore pada ayam.

Pilih salah satu alternatif dari obat diatas, selain obat-obat diatas ada juga alternatif obat jenis lain yaitu dengan menggunakan bahan-bahan yang alami:

Untuk Pengobatan Alami

-Rebusan dari kacang hijau, air dan kacang hijaunya sekaligus dikasihkan ke Ayam Aduan
-Rebusan dari daun sirih yg dicampur juga dengan garam
-Remasan dari daun kemangi
-Bisa juga Ulat daun pisang
-Perasan dari buah jeruk nipis
-Atau Blimbing wuluh/sayur

Pilih salah satu dari obat alami yang ada diatas, untuk rebusan dari kacang hijau dan juga sirih bisa di minumkan airnya dan juga lolohkan kacang hijaunya ke si ayam . Untuk remasan dari daun kemangi juragan tinggal dilolohkan saja ke si ayam untuk mengurangi bau mulutnya. Untuk perasan dari jeruk nipis dan juga blimbing wuluh tinggal diambil saja airnya dan kemudian di kasihkan pada ayam. Semoga bermanfaat Salam hangat Sabung Ayam Taji.