Cara Merawat Agar Ayam Aduan Menjadi Gesit

Cara Merawat Agar Ayam Aduan Menjadi Gesit

Sabung Ayam Online – Cara Merawat Agar Ayam Aduan Menjadi Gesit

Ayam aduan pada dasarnya sudah memiliki mental sebagai ayam petarung yang akan bertarung di arena sabung ayam. Namun mental dasar tersebut harus dilengkapi dengan beberapa komponen tambahan agar ayam aduan menjaDi juara di arena pertandingan. Kegesitan dan keagresifan lebih mudah dibentuk sejak ayam berusia 3 bulan dibandingkan dengan ayam yang sudah besar. Oleh karenanya sebelum membuat garis keturunan yang bagus untuk ayam anda, harus diperhatikan juga kondisi indukannya.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk merawat ayam aduan menjadi gesit.
1. Latihan Pagi
Latihan pagi diharuskan menjad rutinitas sehari sehari agar ayam sudah terbiasa dengan olahraga. Hal ini diperlukan untuk menjaga kebugaran dan kesehatan ayam aduan. Caranya adalah dengan melakukan lompatan kecil dan berishkan ayam setiap oaginya agar terhindar dari jamur.

2. Latihan Siang
Di saat matahari sudah terik, ayam aduan bisa melalukan latihan dengan cara melakukan serangan dalam pertarungan skala kecil. Sebelum masuk dalam pertarungan, leboh baik melakukan pemanasan dengan menggunakan barbel kecil di kaki ayam kemudian pancing ayam untuk meloncat. Setelah pemanasan ringan selesai, anda membutuhkan 1 ayam tambahan. Masukan ayam tersebut di dalam kurungan ayam, kemudian biarkan ayam aduan anda berada di luar kurungan. Hal ini dapat melatih keagresifan ayam aduan anda untuk menyerang ayam lain.

3. Latihan Sore
Latihan sore dilakukan untuk mempertegas kegesitan dan keagresifan sang ayam. Caranya mudah cukup dengan mengikat kaki ayam dengan tali kemudian pancing agar ayam mengejar sesuatu namun kita tahan dengan menarik kakinya. Dengan begitu latihan ini akan membuat ayam menjadi lebih agresif dan menjadi gesit. Poin tambahan lain dengan latihan ini adalah ayam aduan ana akan menjadi lebih kuat karena otot otot nya akan semakin terbentuk.

Namun ada hal yang perlu diperhatikan, ketiga latihan ini tidak boleh di lakukan dalam 1 hari sekaligus, tetapi bergantian sesuai dengan kemampuan ayam. Sebagai contoh latihan pagi dilakukan 3 hari sekali, latihan siang dilakukan 3 hari setelahnya dengan jangka 1 minggu sekali dan latihan sore di lakukan 2 hari sekali setelah istirahat dari latihan siang.