Cara Merawat Ayam Onagadori, Ayam Asal Jepang Berekor Panjang

Sabung Ayam Taji Cara Merawat Ayam Onagadori – Ayam onagadori adalah salah satu ayam hias yang mempunyai keunikannya tersendiri, yakni memiliki ekor yang panjang bisa mencapai hingga 10 meter ataupun lebih. Karena ekornya yang panjang inilah ayam ini banyak diburu oleh para penggemar atau yang suka mengoleksi hewan. Harganya yang dimiliki bervariasi mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah tergantung kualitas dari ayam itu sendiri.Cara Merawat Ayam Onagadori, Ayam Asal Jepang Berekor Panjang

Ayam Onagadori jantan diyakini memiliki tempat yang khusus bagi masyarakat Indonesia, terlebih bagi yang penggemar sabung ayam. Di mata mereka, ayam jantan adalah bintang kehidupan dalam arena laga ayam. Sementara di Jepang, ayam jantan ini identik dengan keindahan, khususnya jenis Onagadori. Kini, ayam yang memiliki panjang ekor hingga mencapai 10 meter itu telah berhasil dikembangbiakkan di Indonesia. “Onagadori jantan memiliki ekor yang panjang dan terlihat indah dengan warna ekor yang dimilikinya,” kata Joko salah satu perawat Onagadori Taman Burung di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta.

Menurut Joko, Onagadori merupakan salah satu di antara 17 spesies ayam asli Negeri Sakura yang berhasil dikembangbiakkan di Indonesia. Umumnya, ayam yang mirip ayam kampung ini memiliki bulu yang berwarna merah atau putih campur hitam. Namun, hanya Onagadori jantan yang memiliki ekor yang panjang dan indah.

Ada sedikit perbedaan dalam memelihara ayam Onagadori jantan jika dibandingkan dengan ayam jenis biasa lainnya. Misalnya, kandang yang harus ditempatkan secara khusus. Kandang ayam Onagadori harus sempit menyerupai lemari supaya ayam tidak banyak bergerak dan agar tidak merusak ekornya sendiri. Bagi para pencinta Onagadori jantan ini, keindahan ekor ayam tersebut ternyata lebih penting jika dibandingkan dengan yang lain. Padahal, kandang yang sempit akan berdampak buruk bagi ayam itu sendiri yakni jalan sang ayam akan menjadi tertatih-tatih.

Joko sempat menjelaskan bahwa secara genetik, kesehatan Onagadori sangat gampang terserang penyakit dan lemah akibat perkawinan antarkerabat yang dekat. Onagadori setiap hari diberi pakan ayam yakni campuran dari beras merah dan jagung. Di Indonesia, Onagadori hanya dapat berkembangbiak dengan baik dan panjang ekor hanya bisa mencapai empat meter. Sedangkan di negeri asalnya, Onagadori bisa berekor hingga 10 meter. Di Taman Burung TMII, Onagadori terus dikembangbiakkan dalam sebuah penangkaran yang ditetaskan dalam inkubator telur agar memiliki kemungkinan berhasil yang lebih besar.

Ada beberapa sedikit perbedaan dalam memelihara ayam Onagadori ini jika dibandingkan dengan jenis ayam lainnya, antara lain :

1. Kandang

Dalam segi kandang, ayam onagadori yang telah tumbuh dewasa harus di tempatkan di dalam kandang secara individu yaitu satu kandang dengan satu ayam, jenis kandangnya pun berbeda dari ayam hias lainnya. Jika ayam hias lainnya memiliki bentuk persegi berbeda dengan ayam onagadori, kandang ayam onagadori haruslah memiliki tingkat ketingian yang lebih tinggi dari kandang ayam biasanya atau lebih mirip di sebut seperti lemari. Ini berguna agar ayam lebih tenang dan tidak merusak keindahan ekornnya sendiri.

2. Pakan

Dalam memberi makan terhadap ayam ini harus di beri secara adlibitum atau tidak terbatas. Pakan bisa di berikan pada pagihari atau pun disore hari di samping tempat bertengger ayam onagadori tersebut. Jenis pakan yang boleh di berikan kepada ayam Onagadori antara lain yaitu jagung, dedak dan voer ayam. Saat pemberian bisa di variasikan supaya ayam tidak bosan karena setiap hari makanannya hanya itu-itu saja, dan berikan juga multivitamin pada air minum ayam setidaknya 2 hari sekali.

3. Kebersihan

Setiap hari, kandang dan bulu ayam onagadori haruslah dibersihkan dari kotoran yang melekat atau sisa makanan yang terjatuh ke dasar kandangnya sendiri. Akan tetapi, jika tidak bisa setiap hari dalam membersihkannya anda bisa juga sesuaikan dengan waktu luang anda dirumah. Jika perlu ayam onagadori boleh di jemur selama beberapa menit dibawah sinar matahari di pagi hari.

BACA JUGA>> Tips & Cara Mengetahui Ciri Ayam Bangkok Aduan Super Istimewa