Ciri Ayam Burma Asli atau Ayam Burma Kawin Silang

Sabung Ayam Taji – Ayam Burma Asli memiliki banyak sebutan seperti Ayam Birma, Ayam Myanmar dan juga Ayam Pama merupakan sebutan untuk ayam liar yang berasal dari negara burma atau yang lebih dikenal sebagai negara Myanmar.

Ciri Ayam Burma Asli atau Ayam Burma Kawin Silang

Ayam Burma sudah menjadi populer beberapa tahun terakhir ini karena terbukti memiliki kemampuan yang tidak dimiliki oleh Ayam Bangkok dan Ayam Saigon Vietnam. Keunggulan unik yang sangat menonjol dari Ayam Burma ini terletak cara si ayam yang mempunyai peluang besar untuk bisa mengalahkan ayam  aduan lainnya dan ayam ini sangat unggul untuk melawan ayam yang memiliki tubuh besar karena Ayam Burma memiliki kecepatan menyerang dan menghindar yang sangat tinggi.

Berikut Ciri Fisik Ayam Burma Asli Versi Sabung Ayam Taji :

  • Ayam Burma asli mempunyai bentuk dan ukuran tubuh yang tergolong sedikit kecil yaitu sekitar 2 – 2.50 kg dan mempunyai tulang yang lebih kecil dan lebih tipis.
  • Pada wajah ayam ini pada umumnya akan tampak seperti ayam kawin silang antara ayam bangkok dan ayam kampung, dimana mempunyai kuping telinga sedikit besar, ada yang mempunyai pial, memiliki mata kurang cekung, ukuran paruh lebih kecil dan pada muka serta badan terlihat kurang kekar.
  • Memiliki mata seperti melotot, sehingga menyerupai ayam yang ganas dan liar
  • Memiliki banyak bulu pada badannya, diimbangi dengan bulu sayap sedikit tebal panjang dan juga memiliki warna bulu yang kurang matang.
  • Ayam Burma asli masih memiliki tanda warna putih di kuping sebagai bukti ayam tersebut merupakan jenis ayam liar.

Sedangkan untuk Ayam Burma Hasil Kawin Silang versi Sabung Ayam Taji :

Ukuran dari Ayam Burma Asli yang kecil dan memiliki tulang yang tipis merupakan salah satu kelemahan yang membuat Ayam Burma Asli banyak dikawin silangkan dengan Ayam Bangkok Thailand atau Ayam Vietnam untuk membuat ayam yang jauh lebih baik dari Ayam Burma Asli. Akan tetapi Ayam Burma hasil kawing silang dapat mempengaruhi gaya betarung dari ayam tersebut.

  • Jika dikawin silang Ayam Burma (75%) dengan Ayam Thailand (25%) maka akan memiliki ukuran badan yang lebih besar, akan tetapi tetap memiliki berat tubuh dibawah 3kg
  • Jika dikawin silang Ayam Burma (50%) dengan Ayam Thailand (50%) maka ayam tersebut memiliki ukurang yang dapat mencapai 3kg, dengan tulang yang jauh lebih bagus.
  • Jika dikawin silang Ayam Burma (25%) dengan Ayam Thailand (75%) maka ukuran dari ayam tersebut bisa mencapai 3kg keatas, dan ayam jenis ini bisa termasuk ke dalam jenis Ayam Thailand yang sudah dikembangkan karena lebih dominan mempunyai ciri fisik Ayam Thailand daripada Ayam Burma.
Sekian Informasi yang bisa kami Sabung Ayam Taji berikan mengenai perbedaan dari Ayam Burma Asli dan Ayam Burma Hasil Kawin Silang ^^