Ciri Fisik Ayam Kedu Kualitas Unggul

Sabung Ayam Taji Ciri Fisik Ayam Kedu Kualitas Unggul – Ayam kedu atau yang biasa di sebut dengan ayam buras ini juga termasuk salah satu ayam hias yang paling populer di Indonesia. Sebab ayam ini memiliki postur tubuh kecil dan unik yang mana ayam kedu sendiri di bagi menjadi beberapa jenis sesuai dengan warna bulunya. Bagi para penggemar ayam aduan pasti masih kurang tahu tentang ayam ini karena jarang kita temui diberbagai wilayah. Di Indonesia ayam ini banyak di budidayakan di daerah Temanggung yang mana kota tersebut telah menjadi salah satu penghasil ayam kedu atau buras terbesar.

Ciri Fisik Ayam Kedu Kualitas Unggul

Bukan daerah lain tidak ada, akan tetapi penyebaran ayam kedu termasuk lambat. Mungkin karena disebabkan oleh harga yang tergolong mahl. Untuk ayam kedu jenis cemani, harga yang ditawarkan bisa puluhan juta. Ayam kedu ada beberapa jenis warna yakni ada warna hitam, putih, dan warna lainnya seperti kedu lurik. Selain warna yang dimiliki tersebut, terdapat beberapa warna lain yang di antaranya coklat, kelabu, dan lain sebagainya.

Ciri Fisik Ayam Kedu Kualitas Unggul

Sesuai dengan penjelasan yang ada di atas, ayam kedu sendiri dibagi menjadi beberapa bagian atau jenis sesuai dengan warna bulu yang dimilikinya. Salah satunya yang paling menonjol adalah ayam kedu hitam dan putih. Supaya lebih mengerti, kami akan mengelompokan ayam tersebut dan akan kami berikan gambar agar lebih mudah untuk dipahami.

Ayam Kedu Hitam

Ayam Kedu Hitam

Ayam kedu hitam lebih banyak di sebut dengan ayam cemani bukan ayam kedu hitam. Berarti ayam cemani, memang hampir sama dan menyerupai ayam cemani yang bulunya serta kulitnya yang berwarna hitam. Ayam kedu hitam juga memiliki beberapa kombinasi lainnya. Seperti ada sedikit warna kecoklatan dan warna kaki serta kulit yang tidak terlalu hitam. Memang akan sedikit lebih susah untuk membedakan ayam kedu hitam dengan ayam cemani. Intinya ayam cemani memiliki bulu, darah, kulit, dan lidah yang berwarna hitam akan tetapi hal itu tidak ditemukan pada ayam kedu dengan warna bulu hitam.

Ayam Kedu Putih

Ayam Kedu Putih

Ayam kedu putih memiliki seluruh warna bulu yang berwarna putih. Akan tetapi kadang terdapat beberapa kombinasi lain seperti warna hitam dan lurik. Ayam ini terlihat unik karena memiliki postur tubuh yang kecil yang hampir sama dengan ayam serama atau yang disebut dengan ayam kate. Di pasaran ayam ini juga termasuk mahal sebab banyak penggemar yang menganggap ayam ini sebagai ayam hias.

Ayam kedu merupakan ayam hias dengan memiliki postur tubuh kecil dengan jengger yang panjang. Selain itu, seluruh badan ayam terdapat bulu yang lebar dengan berbagai kombinasi warna yang paling terkenal yakni hitam, putih dan lurik. Ciri khas yang bisa kita lihat lainnya adalah di bagian jengger dan pial memiliki warna merah dan panjang menggantung yang membuat ayam kedu terlihat unik.

Mungkin hanya itu saja penjelasan tentang ayam kedu atau yang biasa disebut dengan ayam buras ini. Semoga informasi yang kami berikan dapat berguna dan bisa dijadikan sebagai petunjuk atau arahan bagi para penggemar ayam aduan yang niat untuk memelihara ataupun membudidayakan jenis ayam kedu ini.

BACA JUGA>> Kelompok Bulu Runcing Dari Hutan, Si Ayam Hutan Merah