Ciri Fisik dan Kelebihan Ayam Saigon Vietnam Asli

Sabung Ayam Taji Ciri Fisik dan Kelebihan Ayam Saigon – Siapa penggemar ayam aduan yang tidak mengenal ayam saigon yang berasal dari vietnam ini. Ayam saigon memiliki ciri khas yang sangat mudah untuk kita kenali. Selain itu, ayam ini sangat bagus jika untuk kita kawin silangkan dengan berbagai jenis ayam petarung lainnya misalnya saja dengan ayam bangkok. Ciri fisik ayam saigon vietnam asli dapat kita lihat dari bentuk kepala hingga leher yang botak tidak ditumbuhi oleh bulu. Hal ini disebabkan akibat perawatan yang selalu menggunakan minyak yang lama-lama mampu membuat bulu ayam hilang secara perlahan.Ciri Fisik dan Kelebihan Ayam Saigon Vietnam Asli

Sebenarnya ayam ini tidak memiliki perawatan yang khusus pada bagian kepala dan leher. Jika kita lihat dari lahir, ayam ini normal seperti jenis ayam lainnya yang lengkap dengan bulu di seluruh tubuhnya. Jika di daerah Indonesia, sangat jarang kita temui ayam saigon yang memiliki botak pada bagian kepalanya. Botak hanya pada ayam saigon yang asli dari Vietnam.

Sebenarnya sangat mudah melihat ciri khas yang dimiliki oleh ayam ini. Sesuai dengan penjelasan yang ada di atas, ayam ini memiliki kebotakan pada bagian kepala dan lehernya jika ayam tersebut asli dan baru masuk di Indonesia. Artinya ayam yang telah lama berada di Indonesia tidak akan mengalami kebotakan dan pada umumnya sama dengan jenis ayam lainnya. Ciri lain yang ayam ini miliki adalah bentuk badan yang tinggi dan tegap sangat jarang ada ayam aduan lain yang bisa menandingi besarnya badan pada ayam saigon ini. Oleh karena itu, ayam saigon jika di bawa ke arena laga, sangat sulit untuk mencari lawan yang sebanding dan seukuran.

Bagian bulu yang tipis, kilat, dan bulu pada bagian ekor yang termasuk pendek menjadikan ayam ini tergolong unik. Intinya untuk menandai ayam saigon asli kita bisa melihat dari bentuk kepala hingga leher yang botak dengan postur badan yang tinggi besar di atas rata-rata ayam petarung lainnya.

Banyak penggemar ayam aduan kurang tertarik dengan ayam saigon jika ditarungkan. Akan tetapi ada juga yang mengatakan ayam saigon ini memiliki gaya bertarung yang cukup bagus. Sesuai dengan pengamatan yang dilakukan di arena laga, ayam ini memiliki salah satu kelebihan yang terletak pada pukulan yang mematikan, kuat, dan tajam. Selain itu, daya tahan tubuh yang dimiliki cukup bagus mungkin karena disebabkan oleh bentuk postur tubuh dan sistem pertulangan yang relatif besar sehingga menjadikan ayam ini kebal terhadap segala pukulan yang tertuju kepadanya.

Selain memiliki kelebihan, ayam saigon ini juga memiliki kekurangan. Hal ini sama seperti yang dialami oleh semua ayam aduan. Kekurangan yang dialami oleh ayam saigon adalah masalah pada gerakan serta tenaga yang kurang bagus. Gerakan yang tergolong lambat, pukulan yang kurang terarah, serta jika ingin melakukan pukulan sering mengalami kesulitan. Hal ini bisa saja disebabkan oleh bentuk badan yang terlalu besar sehingga mempengaruhi gaya gerak yang dimiliki oleh ayam saigon ini.

Tenaga dan stamina yang dimiliki gampang menurun akibat ayam saigon saat bertarung terlalu agresif dan banyak bergerak tidak hentinya. Hal inilah yang menyebabkan nafas, stamina, dan tenaga yang dimiliki oleh ayam ini sering menurun sebelum bisa mengakhiri pertarungan. Akan lebih bagus jika ayam saigon ini kita kawin silangkan dengan ayam bangkok saja. Maka hasil anak nantinya akan lebih unggul jika kita bandingkan dengan sang induk. Karena kedua spesies tersebut sudah saling menyatu sehingga mampu untuk menghilangkan kekurangan dari kedua induk tersebut.

BACA JUGA>> Fast Fighter Chicken, Ayam Petarung Dari Negeri Sakura