Ciri Fisik Dari Ayam Bangkok Istimewa Yang Di Sukai Oleh Penggemar Sabung Ayam

Sabung Ayam Taji – Ayam Bangkok bisa disebut Ayam Bangkok Istimewa karena ayam aduan tersebut mempunyai kualits terbaik dari sisi penampilan fisik dan dari gaya bertarung ayam tersebut, dimana Ayam Bangkok yang berkualitas tentu saja menjadi incaran para penggemar sabung ayam.

Ciri Fisik Dari Ayam Bangkok Istimewa Yang Di Sukai Oleh Penggemar Sabung Ayam

Ayam Bangkok Istimewa pada umumnya banyak dijumpai pada ayam lain, seperti Ayam Saigon, Ayam Filipina ataupun Ayam Burma. Akan tetapi dari banyak jenis ayam aduan istimewa lainnya, Ayam Bangkok jauh lebih diminati oleh para penghobi sabung ayam.

Selain dilihat dari gaya bertarungnya di arena, Ayam aduan Istimewa juga dapat dicirikan dari fisiknya. Dimana bentuk fisik tubuh memang sangat berpengaruh bagi kemampuan bertarung si ayam. Sehingga tidak jarang para pengemar sabung ayam menggunakan standar ini untuk nemilih Ayam Bangkok Istimewa.

Secara umum, ciri fisik Ayam Bangkok Istimewa dapat dibedakan menjadi ciri khusus dan ciri umum. Dimana ciri khusus menjadi prioritas utama, dan sedangkan ciri umum hanya sebagai opsi tambahan saja dalam memilih Ayam Bangkok Istimewa.

Pada ciri khusus Ayam Bangkok Istimewa terutama di lihat dari gaya bertarungnnya, dan juga mempunyai fisik dengan bentuk kepala seperti buah pinang, postur tubuh si ayam panjang bulat, pada bagian sayap yang berbentuk rapat juga panjang, mempunyai paha yang bulat pipih dan juga pada pangkal ekornya besar dan kaku.

Ciri ciri umum adalah ciri yang tidak harus ada pada Ayam Bangkok Istimewa. Artinya apabila kita mendapatkan Ayam Bangkok dengan ciri khusus yang kita inginkan, maka ciri umum boleh kita hilangkan. Akan tetapi untuk meyakinkan pilihan kita, tidak ada salahnya kita mencari Ayam Bangkok Istimewa dengan melihat ciri khusus pada ayam tersebut dan juga ciri umum pada ayam tersebut.

Menemukan Ayam aduan yang Istimewa juga dapat dilakukan dengan memilih Ayam Bangkok yang masih keturunan asli, dimana ayam jenis ini dikenali dengan ciri fisik antara lain seperti badanya panjan dengan tulang kaku dan kasar, mempunyai suara kokonya keras tapi pendek, serta pada bagian panghal paha ditemukan bulu dengan warna yang sama dengan bahu.

Dalam menentukan Ayam Bangkok Istimewa, kita juga dapat menilai dari bentuk tulang ayam tersebut, seperti :

  • Pilihlah ayam dengan Tulang sambung antara kepala dan leher tidak menonjol
  • Semakin rapat ruang tulang pada leher, amaka kualitas ayam tersebut akan semaki baik
  • Semakin rapat celah sambungan antara leher dan bahu, maka kemampuan ayam tersebut akan semakin baik
  • Memiliki tulang sayap yang tebal dan juga mempunyai tulang pinggul yang bulat, akan jauh lebih baik
  • Semakin dekat jarak tulang dada belakang dengan supit, serta semakin rapat tulang supit maka ayam tersebut mempunyai gerakan yang jauh lebih bagus

Dalam memilih Ayam Bangkok Istimewa, perlu diketahui bahwa ciri ciri tersebut biasanya sudah tmapak saat ayam masih dalam usia anakan dan juga usia remaja. Memang tidaklah mudah untuk menemukan Ayam Bangkok Istimewa dengan ciri khusus yang kita inginkan, akan tetapi kita juga bisa melatih ayam tersebut untuk menjadi ayam aduan juara dan bisa menjadikannya sebagai induk jantan bila ingin membudidayakannya