Ciri Khas dan Cara Merawat Ayam Bekisar

Sabung Ayam Taji Cara Merawat Ayam Bekisar – Ayam bekisar merupakan ayam hias dari hasil perkawinan antara ayam hutan hijau jantan (Gallus varius) dan ayam kampung/ayam buras betina (Gallus gallus domesticus). Ayam bekisar mempunyai ukuran tubuh yang lebih kecil jika dibandingkan dengan ukuran ayam kampung jantannya, tetapi lebih besar jika dibandingkan dengan induk jantannya. Warna bulunya hitam kehijauan dan kelihatan mengkilap. Memiliki suara yang halus dan khas jika dibandingkan dengan ayam yang lain karena tersusun dari dua nada.Ciri Khas dan Cara Merawat Ayam Bekisar

Ayam bekisar, karena ayam ini merupakan hasil persilangan antara dua jenis yang berbeda, biasanya akan menghasilkan ayam betina yang mandul. Namun, tidak semua ayam tersebut mengalami hal yang demikian. Ada pula ayam bekisar baik jantan atau betina, bila dikawinkan dengan ayam kampung akan menghasilkan keturunan. Ciri-ciri khusus dari ayam bekisar yang paling menonjol untuk kita amati adalah bentuk bulu leher yang ujungnya berbentuk bulat/lonjong tetapi bukan lancip. Jika dibandingkan dengan ayam jago yang biasa maka akan terlihat sangat jelas perbedaannya. Bentuk ayam yang mirip sekali dengan ayam bekisar adalah hasil persilangan antara ayam bekisar dengan ayam kampung yang dinamakan dengan nama ayam bekikuk. Bentuk dan postur tubuhnya hampir sama, hanya kadang-kadang jengger dan bulu lehernya yang memiliki bentuk yang berbeda.

Bila cuaca dalam keadaan yang ekstrim dan sering kali berubah rubah, maka diperlukan tindakan yang khusus dalam merawat ayam bekisar tersebut. Cuaca di musim penghujan namun akan tetapi seringkali cuaca panas terik justru terjadi. Perubahan kondisi cuaca yang ekstrim inilah yang harus kita waspadai demi kesehatan ayam bekisar kita sendiri. Cara merawat dan menjaga stamina ayam bekisar adalah mengutamakan kesehatan di tengah kondisi yang sedang mengalami cuaca yang ekstrim. Agar ayam bekisar kita tidak mudah mengalami drop ataupun terserang penyakit. Apalagi jika ayam bekisar tersebut merupakan ayam bekisar jawara dan telah menjadi asset yang mahal bagi pemiliknya sendiri..

Cara Merawat Ayam Bekisar

Ada beberapa cara merawat ayam bekisar agar tetap sehat antara lain :

1. Berikanlah extra fooding seperti ulat hongkong secara teratur akan tetapi jangan terlalu banyak.
2. Bisa juga diberikan ekstra podeng setiap sore harinya. Ekstra podeng ini bisa kita buat sendiri dengan air kencur dan madu yang dicampurkan ke dalam pakan ayam bekisar.
3. Ayam Bekisar juga harus dijemur dalam beberapa menit ketika cuaca memungkinkan agar badan ayam bekisar tetap merasa hangat.
4. Supaya kualitas suara yang dimiliki ayam bekisar tetap terjaga, berikanlah pisang kepok atau tomat dan jangkrik secara teratur akan tetapi juga jangan terlalu banyak.
5. Sangkar ayam bekisar harus ditutup dengan kerakap dimulai setiap menjelang maghrib.

Cara Memberi Obat Ayam Bekisar

Jika ayam bekisar anda mendadak dalam keadaan sakit serta tidak mau makan, kita tidak boleh panik. Jika kita biarkan saja maka besar kemungkinan akan berujung pada kematian. Sedangkan bila ayam bekisar kita dalam keadaan sakit untuk memberi obatnya biasanya sangat sulit untuk dilakukan sebab ayam bekisar tidak mau makan dan tidak mau minum dalam keadaan sakit. Berikut ini ada beberapa tips cara memberi obat pada ayam bekisar yang sedang dalam keadaan sakit :

1. Yang paling sederhana adalah dengan memberikan obat dalam bentuk cair ke dalam minumnya. Namun harus kita tinjau terus sebab jika tidak habis selama berhari hari maka obat tersebut justru bisa menimbulkan masalah yang baru seperti keracunan terhadap ayam itu sendiri.
2. Dengan mencampurkan obat ke pakan ayam. Tetapi cara ini kurang efektif untuk dilakukan. Sebab ayam bekisar dalam keadaan sakit akan jarang untuk mau makan. Walaupun begitu ada baiknya tetap di coba, siapa tahu ayam tersebut mau makan dan sembuh.
3. Obat bisa di campur didalam makanan kesukaannya, misalnya pada kroto. Ayam bekisar biasanya sangat menyukai kroto, cara ini biasanya lebih efektif untuk dilakukan. Sebaiknya campuran kroto diberi sedikit air. Sebaiknya obat yang di gunakan adalah obat yang dalam betuk bubuk. Bubuk obat dicampurkan pada kroto, lalu kita sajikan kepada ayam bekisar.
4. Melalui pipet tetes ataupun suntikan tanpa jarum yang langsung kita teteskan ke mulut ayam bekisar tersebut. Ini lebih efektif untuk dilakukan karena obat bisa langsung masuk ke dalam tubuh ayam bekisar anda. Obat atau vitamin yang di berikan harus diberikan dalam keadaan cair.
5. Memakai suntikan harus langsung ke pembuluh darah ayam. Inilah cara terakhir yang bisa dilakukan dan bila ayam bekisar kita mengalami sakit yang cukup parah. Namun cara ini hanya bisa di lakukan oleh para ahli seperti dokter hewan. Kesalahan dalam menyuntik bisa berakibat fatal kedepannya bagi ayam peliharaan anda sendiri.

BACA JUGA>> Asal dan Ciri Ayam Kukuak Balenggek