Gejala dan Cara Pencegahan Penyakit Pullorum Pada Ayam Bangkok

Sabung Ayam Taji – Penyakit Pullorum pada ayam bangkok atau yang biasa dikenal dengan penyakit Berak kapur adalah penyakit yang berbahaya untuk ayam bangkok, dimana penyakit ini akan menyerang semua jenis unggas tidak terkecuali pada ayam bangkok dan penyakit ini biasanya menyerang sistem kekebalan tubuh ayam.

Gejala dan Cara Pencegahan Penyakit Pullorum Pada Ayam Bangkok

Ayam yang terkena penyakit ini akan mengalami penurunan kekebalan tubuhnya, bahkan tidak jarang ayam bangkok akan mati jika terjangkit jenis penyakit ini. Penyakit Pullorum ini terbilang sangat berbahaya dan penyakit ini termasuk penyakit yang cepat menular pada ayam bangkok lain dan perlu penangan khusus untuk penyakit ini.

Berikut Gejala dan Cara penularan Penyakit Pullorum pada ayam bangkok :

Gejala Ayam Bangkok Yang terkena Penyakit Pullorum/Berak Kapur:

  • Kotoran ayam akan berwarna putih
  • Nafsu makan si ayam bangkok akan mengalami penurunan yang drastis
  • Kotoran ayam bangkok menempel pada dubur ayam bangkok
  • Kloaka akan menjadi putih karena feses yang telah kering
  • Jengger ayam menjadi berwarna keabuan
  • Ayam bangkok akan terlihat lemas dan sayap menggantung serta tampak kusam
  • Mata ayam bangkok sering menutup dan pergerakan akan lumpuh karena atritis

Cara penularan penyakit ini ada dua maca, yaitu :

  • Secara vertikal yaitu induk menularkan langsung kepada anaknya melalui telur
  • secara horizontal terjadi melalui kontak langsung antara ayam yang terkena penyakit ini dan ayam yang sehat. Sedangkan untuk penularan tidak langsung dapat melalui kontak dengan peralatan, kandang, bahkan pegawai kandang yang terkontaminasi.

Untuk pengobatan sendiri bisa dilakukan dengan menyuntikan antibiotik seperti furozolidon, coccilin, neo terramycin, tetra atau mycomas di dada ayam. Obat obatan jenis ini hanya efektif untuk pencegahan kematian ayam bangkok, tapi tidak dapat menghilangkan infeksi penyakit tersebut.

Jika ayam sudah kritis atau terinfeksi parah, sebaiknya dilakukan pemusnahan segera untuk menghentikan bakteri penyakit menyerang ayam bangkok yang sehat. Untuk Pemusnahan sebaiknya dilakukan penimbunan yang jauh dari kandang ataupun ayam lain untuk menghindari kontaminasi bakteri yang ada di dalam ayam yang terkena penyakit Pullorum/Berak putih ini