Kelebihan Ayam Poland Sebagai Ayam Hias

Sabung Ayam Taji Kelebihan Ayam Poland – Ayam hias poland bukan berasal dari polandia melainkan berasal dari negara Belanda yang masih satu populasi dengan ayam jenis kapas. Ayam poland merupakan ayam hias yang paling unik sedunia karena ayam poland memiliki ciri serta gaya yang khas yang memang sangat unik dan tidak dimiliki oleh ayam hias jenis lainnya. Ayam poland biasa dibilang sebagai ayam mahkota yang mana ayam ini memang memiliki ciri khas dengan bulu jambul yang mirip dengan mahkota yang sedikit gondrong, unik serta mampu memikat siapa saja yang melihatnya. Selain itu, ayam poland sangat membutuhkan perawatan yang khusus untuk menghasilkan bulu yang halus, lembut dan bersih.

Kelebihan Ayam Poland Sebagai Ayam Hias

Kelebihan Ayam Poland Sebagai Ayam Hias

Kelebihan khusus yang dapat kita lihat dari ayam hias jenis poland ini berada pada warna bulu serta jambul pada kepalanya yang tidak dimiliki oleh ayam jenis lainnya. Untuk bisa melihat dan mengenali ayam poland, anda bisa menggunakan patokan jika terdapat jambul yang lebat di sekitar kepalanya maka bisa dikatakan jika ayam tersebut adalah ayam Poland.

Selain itu, kelebihan yang dimiliki lainnya adalah dari segi harga yang memang sangat mahal bagi orang yang kerjanya sebagai buruh. Mulai dari anakan sampai ayam yang dewasa ayam ini memiliki harga yang berkisar antara 5-100 juta, semua tergantung dari ciri khas yang dimilikinya, keunikan bulu dan umur ayam tersebut. Jika semakin bagus dan berkualitas maka harga yang ditawarkan akan semakin besar. Ayam ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai bisnis jual beli ayam mulai anakan hingga ayam yang telah dewasa. Dimana jika kita lihat dari segi harga, prospek bisnis ayam ini cukup menjanjikan baik dalam skala kecil seperti rumahan maupun skala besar misalnya untuk dijadikan sebagai jual online.

Pakan Khusus Ayam Poland

Untuk masalah pakan sendiri, hampir sama dengan jenis ayam lainnya yakni dapat berupa voor dan bisa diberikan pakan tambahan berupa biji-bijian segar. Khasiat biji-bijian untuk ayam poland sangatlah banyak antara lain mampu untuk menyeimbangkan kebutuhan gizi dan nutrisi yang mana sangat besar untuk dibutuhkan ayam poland untuk mempercantik tampilan bulu ayam tersebut.

Selain pakan, masalah minum juga harus diperhatikan karena berbeda dengan ayam jenis lainnya. Karena ayam poland dalam tata cara pemberian minumnya harus dibatasi setiap harinya. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari pilek dan flu pada ayam poland jika kebanyakan minum air. Berikan air setiap hari dengan secukupnya saja, jangan terlalu berlebihan. Akan lebih bagus porsi minum yang diberikan adalah 3 kali dalam sehari yakni pagi, siang, dan malam.

Lokasi Yang Baik Untuk Kandang Ayam Poland

Sesuai habitatnya yang berada dialam liar, jika ayam poland lebih memilih suhu udara yang sedikit panas dan kering. Sangat tidak disarankan untuk menempatkan ayam poland di suhu yang dingin dan lembab karena akan membuat ayam lebih mudah terserang penyakit. Perlu anda ketahui, jika ayam poland sangat sensitif terhadap berbagai hal misalnya suhu, makanan, minuman yang kita berikan. Jika hal tersebut tidak kita perhatikan mungkin ayam poland tidak bisa berkembang secara normal bahkan tidak jarang akan mengalami stress dan berujung dengan kematian.

Lokasi yang paling cocok untuk memelihara ayam poland adalah di lokasi yang berada di suhu ruangan misalnya bisa kita letakkan di lokasi yang sedikit memiliki hembusan angin, teras rumah, dan di belakang rumah dengan diberikan beberapa bahan untuk menghindari angin untuk mampu masuk ke dalam kandang jenis poland ini.

Perawatan Terhadap Ayam Poland

Tata cara perawatan ayam poland sebenarnya sangat mudah untuk kita lakukan. Hal pertama yang mesti kita ketahui adalah penempatan kandang yang sesuai dengan penjelasan yang ada di atas. Sesekali ayam poland juga memerlukan umbaran seperti perawatan pada ayam bangkok. Umbaran yang bisa kita lakukan adalah dengan cara meletakkan ayam poland di kandang yang terbuka dengan suhu kandang yang relatif hangat dan bisa juga dilakukan jika sedang matahari dalam keadaan yang bersinar dengan cerah. Jika hujan, lebih baik ayam diberikan lampu penghangat baik untuk anakan dan ayam dewasa agar suhu disekitar ruangan kandang tetap stabil.

Ayam poland juga sering terkena penyakit stres, jika hal ini terjadi maka ayam akan lebih cenderung diam dan tidak mau makan. Faktor utama ayam poland stres adalah kaget dan bisa juga dari suhu udara. Oleh karena itu, suhu dan tata cara perawatan harus dilakukan dengan benar supaya ayam jenis ini tidak mengalami stres misalnya ada binatang lain yang masuk ke dalam kadang. Perawatan yang kurang hati-hati juga mudah membuat ayam poland mengalami stres.

Kebanyakan orang yang salah dalam tata cara penanganan jika ayam poland mengalami stres. Tidak sedikit ayam poland yang mengalami kematian akibat tidak mau makan dan cenderung lebih diam, lemas, lesu dan hal ini wajib untuk diwaspadai.

BACA JUGA>> Manu Gaga, atau Ayam Ketawa Ayam Asli Sulawesi Selatan