Macam Macam Jenis Vitamin Ayam Bangkok Yang Wajib Diberikan

Sabung Ayam Taji – Ayam Bangkok menjadi trend salam permainan Sabung Ayam sekarang ini, dimana perawatan ayam ini tentu saja memerlukan vitamin ayam bangkok yang wajib diberikan kepada sang ayam, hal ini perlu dilakukan agar ayam bangkok memiliki daya tahan tubuh yang kuat dan mampu bertarung dengan ayam lawan dengan sangat baik.

Macam Macam Jenis Vitamin Ayam Bangkok Yang Wajib Diberikan

Pada dasarnya, ada jenis ayam bangkok tangguh yang dibudidayakan di Indonesia seperti Ayam Kinantan dari Sumatera, Ayam Wereng dan Madura. Hanya saja, sampai sekarang ini masih banyak yang menyakini bahwa ayam yang paling cocok dan kuat di arena sabung ayam adalah ayam bangkok. Padahal ayam aduan lainnya juga cocok dalam arena, terlebih jika kita memenuhi vitamin ayam bangkok.

Berikut Macam Macam Jenis Vitamin Ayam Bangkok Yang Wajib Diberikan :

  • Vitamin A

Dalam bertarung, ayam bangkok membutuhkan mata dan penglihatan yang baik, oleh karena itu pemberian vitamin A sangatlah dibutuhkan bagi si ayam. Selain itu vitamin A juga berfungsi untuk memperbaharui dan memperbaiki sel sel darah merah si ayam. Vitamin A juga bermanfaat untuk meningkatkan gairah si ayam agar tidak lemas dan lesu.

  • Vitamin B Kompleks

VVitamin B kompleks yang di dalamnya terdiri dari vitamin B1, B2, B12, B4 dan B3. Vitamin B kompleks sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan ayam bangkok. Biasanya, vitamin B kompleks ini sudah ada di dalam pakan ayam bangkok, sehingga kit atidak perlu menyediakan vitamin B tambahan untuk ayam bangkok.

  • Vitamin C

Ayam bangkok juga harus terpenuhi vitamin C nya, dengan begitu ayam bangkok akan memiliki daya tahan tubuh yang sangat tinggi dan si ayam bisa terhindar dari berbagai macam penyakit. Asupan vitamin C ini harus diberikan secara rutin, agar ayam tidak mudah sakit. Terlebih pada saat memasuki musim hujan, pemberian vitamin C sangatlah penting, dan dalam pemberian vitamin C ini tidak boleh berlebihan karena dapat menyebabkan si ayam terkena penyakit diare.

  • Vitamin D

Vitamin D sangat baik untuk pertumbuhan tulang ayam agar semakin kokoh dan kuat, agar hasilnya maskimal maka pemberian vitamin D ini pada saat si ayam masih berumur 0 sampai 3 bulan karena pada saat umur tersebut si ayam masih dalam masa pertumbuhan sehingga dapat menyerap vitamin D dengan baik.

  • Vitamin E

Vitamin E ini sebenarnya sudah terpenuhi dalam pakan ayam bangkok, karena vitamin E adalah vitamin yang bisa diperoleh dari biji bijian. Vitamin E dapat meningkatkan gairah ayam bangkok jantan untuk mendekati ayam betina dan selain itu vitamin E ini juga sangat bermanfaat untuk membuat bulu ayam terlihat semakin mengkilap.

  • Vitamin K

Pemberian vitamin K sangat baik untuk ayam bangkok untuk menyembuhkan lukanya setelah bertarung. Vitamin K memiliki manfaat sebagai pembekuan darah, sehingga darah yang keluar karena luka bertarung bisa cepat berhenti.

Demikian beberapa macam vitamin yang dibutuhkan dalam proses pemeliharaan ayam bangkok. Vitamin ayam bangkok yan disebutkan di atas bisa dengan mudah ditemukan di berbagai toko pangan unggas dan memiliki harga yang bervairasi.