Makanan Utama Ayam Bangkok Dewasa Siap Tarung

Sabung Ayam Online – Makanan Utama Ayam Bangkok Dewasa Makanan yang kita berikan setiap hari pada ayam bangkok memiliki fungsi yang penting khususnya bagi ayam bangkok yang telah dewasa siap tarung. Pemberian pakan, vitamin, dan suplemen yang kita berikan, tentunya juga harus kita berikan secara teratur sesuai dengan kebutuhan ayam tersebut. Apalagi jika ayam sudah sering kita lakukan latihan setiap hari, maka makanan yang berkualitas tinggi sangat penting untuk selalu kita perhatikan kualitasnya. Jika makanan serta vitamin yang kita berikan dengan baik maka ayam akan memiliki performa yang tinggi dan ayam juga tidak akan kekurangan gizi.Makanan Utama Ayam Bangkok Dewasa Siap Tarung

Pakan yang kita berikan sebaiknya kita sesuaikan dengan jenis dan tipe gaya bertarungnya. Sebagai contoh saja, misalnya ayam lebih dominan memiliki gaya bertarung pukul maka pakan yang lebih cocok untuk mendukung kebutuhannya adalah jenis pakan jagung dan beras merah. Begitu juga sebaliknya, jika ayam yang lebih dominan memiliki gaya bertarung tipe jalu, maka pakan yang cocok untuk diberikan kepada ayam tersebut adalah pakan yang berupa jagung yang dicampur dengan beras merah yang murni dengan perbandingan 3:1.

Ayam yang memiliki tipe pukul sendiri lebih banyak mengandalkan tenaga dan kekuatan sedangkan ayam yang memiliki tipe jalu hanya menggunakan teknik kecerdikan untuk segera melakukan serangan dengan sempurna. Maka dari itu, kebutuhan karbohidrat dan protein lebih dibutuhkan oleh ayam yang memiliki tipe pukul. Berbeda dengan ayam tipe jalu yang lebih dominan membutuhkan pakan yang banyak mengandung karbohidrat dan sedikit protein maupun lemak. Sebab di arena ayam ini memerlukan kelincahan dan peran dari karbohidrat adalah untuk menyeimbangkan tenaga yang dikeluarkan oleh ayam tersebut.

Jumlah Pakan Yang Harus Diberikan Kepada Ayam Bangkok

Tata cara pemberian pakan utama ayam biasanya diberikan pada waktu pagi hari baik sebelum latihan maupun setelah latihan waktu sore hari. Apabila saat sore hari ayam sedang dilakukan latihan khusus, pemberian pakan utama tidak harus untuk kita berikan.

Pemberian pakan yang diberikan kepada ayam bangkok harus disesuaikan dengan bobot ayam tersebut. Sebagai contoh, jika ayam bangkok kita memiliki berat badan 4 kg maka porsi pakan yang diberikan setiap hari harinya berkisar antara 200-250 gram untuk sekali makan bagi ayam tersebut. Jika pemberian pakan yang dilakukan dua kali dalam sehari maka ayam tersebut membutuhkan 400-500 gram.

Pemberian Vitamin Kepada Ayam Bangkok

Vitamin dan suplemen juga sangat dibutuhkan bagi ayam bangkok. Selain untuk membuat tubuh ayam lebih kekal, juga akan membuat lebih kelihatan bugar. Waktu terbaik dalam memberikan vitamin kepada ayam bangkok adalah pada waktu malam hari ketika ayam mau tidur. Hal tersebut bertujuan agar pemberian vitamin dan suplemen tersebut mampu diserap denagn sempurna oleh ayam bangkok. Jenis vitamin dan suplemen yang bisa kita berikan kepada ayam bangkok antara lain Vitamin A, B kompleks, C, D, E dan vitamin K. Sebenarnya masih banyak lagi vitamin yang dapat diberikan oleh anda penggemar ayam bangkok. Tidak banyak orang yang menggunakan vitamin atau pakan tambahan lainnya seperti sari ayam yang bisa anda berikan satu sendok tiap minggunya.

Pakan Pelengkap Ayam Bangkok

Menu pelengkap biasanya hanya diberikan sebanyak 2-5 hari sekali sebagai pakan tambahan yang memiliki banyak fungsi yang khusus misalnya ketika ayam sedang kurang tenaga, stamina dan lemas maka bisa diberikan menu pelengkap yang memang memiliki khasiat yang sesuai dengan gejala pada ayam. Beberapa pakan pelengkap yang dapat anda berikan antara lain :

1. Gula merah yang berfungsi sebagai penambah karbohidrat yang bisa anda berikan air.’
2. Jika ayam kekurangan protein, maka bisa diberikan pakan pelengkap berupa satu butir telur puyuh rebus untuk diberikan setiap harinya. Untuk ayam yang memiliki gaya bertarung taji, maka pemberian telur puyuh bisa kita berikan 3 hari sekali.
3. Jika ayam mengalami masalah pencernaan, ayam dapat diberikan buah tomat sebagai pelancar pencernaan ayam. Buah tomat di iris hingga menjadi kecil kemudian dilolohkan ke dalam mulut ayam.
4. Supaya bulu ayam cepat tumbuh, anda bisa memberikan pil minyak ikan 7 hari sekali khususnya kepada ayam bangkok yang sedang mengalami masa mabung.
5. Untuk memperkuat tulang ayam bangkok baik sebelum dan sesudah ayam berlaga, maka anda bisa memberikan satu butir kalk.
6. Kunyit juga bisa berfungsi sebagai memperlancar sistem pencernaan ayam. Dengan cara pemberiannya dapat diberikan dengan cara di lolohkan.

Ayam bangkok yang siap tempur memang sangat membutuhkan tenaga yang banyak maka dari itu pentingnya anda selalu memperhatikan kualitas pakan, vitamin, dan pakan tambahan supaya kualitas dan tenaga ayam tidak menurun.

Demikian informasi mengenai Makanan Utama Ayam Bangkok Dewasa Siap Tarung. Semoga informasi yang kami berikan dapat bermanfaat bagi anda semua.

BACA JUGA>> 6 Ayam Bangkok Termahal Yang Pernah Ada Di Pasaran