Manfaat Bawang Putih untuk Ayam Aduan

manfaat bawang putih - sabung ayam online

Sabung Ayam Online – Manfaat Bawang Putih untuk Ayam Aduan – Bawang putih dikenal sebagai salah satu bumbu dapur yang memiliki peran penting dalam perlengkap hidangan. Bawang putih yang selama ini hanya dianggap bahan bumbu dapur ternyata juga memiliki mafaat untuk ayam aduan.

Kebanyakan botoh menggunakan bawang putih sebagai obat penyakit ngorok dan terbukti ampuh. Namun, sebenarnya manfaat bawang putih tidaklah hanya sebatas itu saja, masih banyak yang belum mengetahui manfaat sebenarnya dari bawang putih tersebut. Bawang putih mengandung zat berupa kalsium, diallysulfide, lemak, fosfor, protein dan zat besi yang sangat bagus untuk ayam aduan.

Manfaat Bawang Putih untuk Ayam Aduan

Mengobati ayam yang terkena pukul saraf
Saat ayam bertarung tidak jarang ayam akan terkena pukulan saraf dari lawan yang mengakibatkan sakit hingga berhari-hari. Kandungan saltvine yang tedapat dalam bawang putih dapat menyehatkan jaringan saraf pada ayam aduan. Cara pemberiannya dengan dilolohkan secara langsung atau bisa juga dicampurkan dengan bahan-bahan herbal lain seperti jamu atau pil herbal.

Sebagai Antiseptik
Bawang putih juga dapat digunakan sebagai antiseptik serta meredakan infeksi dan peradangan pada ayam aduan. Ayam yang terluka dapat dibersihkan dengan air yang dicampur dengan tumbukan bawang putih. Untuk ayam aduan yang selesai diadu dapat dibersihkan dengan air yang dicampur dengan bawang putih atau bisa juga dengan rebusan daun sirih agar lebih cepat kering dan terhindar dari kuman.

Mengobati Penyakit Pilek
Penyakit pilek pada ayam dapat disebabkan karena perubahan cuaca atau disebabkan oleh penyakit lain seperti ngorok, snot dan lainnya. Bawang putih kaya akan senyawa alicin yang sangat berguna untuk membunuh virus dan mikro organisme yang menyebabkan penyakit pilek.

Obat Kurap
Bawang putih dapat digunakan pula untuk obat kurap ayam, tapi jika kurap masih baru atau belum parah. Biasanya botoh tua sudah paham dengan ciri-ciri ayam yang akan terkena penyakit kurap, yaitu kulit ayam akan mengering dan pecah-pecah. Dalam hal ini kita bisah mencegah dan mengobati perkembangan penyakit kurap dengan cara digosok dengan bawang putih.

Obat Ayam Cacingan
Cacingan adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh cacing yang merusak sistem kerja usus. Kebanyakan botoh mengobati cacingan dengan menggunakan obat kimia atau buah pinang (jambe). Banyak yang belum mengetahui bahwa bawang putih juga bisa digunaan sebagai obat cacing. Bawang akan membunuh pertumbuhan cacing pada usus ayam dan meningkatkan nafsu makan ayam. Untuk mencegah ayam cacingan dapat melolohkan bawang putih kepada ayam sesuai dosis yang disesuaikan.

Menguatkan Paruh Ayam Aduan
Paruh adalah senjata utama ayam aduan, maka ayam aduan harus memiliki paruh yang kuat agar tak mudah patah saat mematuk dan tahan terhadap pukulan. Sudah terbukti bawang putih dapat menguatkan paruh dan mempercepat pertumbuhan paruh yang patah. Caranya oleskan saja bawang putih ke paruh ayam.

Berdasarkan riset bawang putih juga dapat meningkatkan antibodi atau daya tahan tubuh. Maka dari itu, pada saat musim penyakit para botoh akan menggunakan bawang putih untuk menangkal penyakit.

Demikianlah pembahasan manfaat bawang putih untuk ayam aduan. Semoga bermanfaat untuk para pecinta ayam seluruh Indonesia. Selamat membaca dan buktikan sendiri khasiatnya.

Selamat Datang di palugadabet.com, Sabung Ayam Online.

Nikmati Bonus Sabung Ayam Hingga JUTAAN RUPIAH.
Segera Daftar dan Dapatkan Bonusnya.

Hubungi kontak resmi kami di palugadabet.com