Manfaat Daun Sirih Untuk Ayam Aduan

manfaat daun sirih untuk ayam aduan - sabung ayam online

Sabung Ayam Online – Manfaat Daun Sirih Untuk Ayam Aduan – Kepopuleran daun sirih sebagai tanaman obat sudah tidak diragukan lagi. Banyak khasiat yang bisa di dapat dari tanaman ajaib yang dalam bahasa latin disebut piper battle ini. Mulai dari menyembuhkan penyakit dalam maupun penyakit luar.

Umumnya berbagai penyakit yang ampuh disembuhkan dengan daun sirih ini antara lain berbagai penyakit mulut, bronchitis, diare, batuk, mimisan, paru-paru, gatal-gatal, bau badan dan lain sebagainya. Semua itu karena daun sirih kaya akan kandungan minyak astiri, kavikol, gula, seskuiterpen, zat samak, pati dan betlephenol.

Manfaat Daun Sirih Untuk Ayam Aduan

Baru-baru ini juga diketahui bahwa daun sirih memiliki manfaat untuk ayam aduan. Berikut manfaat daun sirih untuk ayam aduan:

Antiseptik dan Antibiotik
Daun sirih bisa di gunakan untuk menghindarkan ayam aduan dari penyakit dan daun ini juga bisa digunakan untuk mencegah infeksi luka pada ayam aduan.

Memperpanjang nafas ayam
Daun sirih yang muda bermanfaat untuk memperpanjang nafas ayam aduan. Caranya cukup tumbuk daun sirih, dan berikan pada ayam aduan, berikan secara rutin dua hari sekali.

Penyumbat pendarahan ayam
Daun sirih sering digunakan untuk mengobati luka/pendarahan pada ayam yang terkena masalah akibat bertarung, kanibalisme, maupun akibat luka di dalam kandang.

Penghilang bau kandang
Daun sirih pada dasarnya tidak begitu ampuh dalam menghilangkan bau kandang efek dari kotoran ayam, namun fungsinya untuk membunuh bakteri penyebab penyakit yang biasanya terdapat di dalam kandang.

Pestisida kandang alami
Daun sirih dijadikan sebagai pestisida atau obat semprot kandang yang biasanya dicampurkan dengan obat lainnya. Berguna agar kandang terbebas dari hama penghisap seperti nyamuk.

Mencegah ngorok ayam
Daun sirih juga dapat menyembuhkan ngorok pada ayam. Caranya cukup dengan memberikan air rebusan daun sirih yang dicampur dengan jeruk nipis dan air hangat pada ayam ngorok selama satu bulan.

Mencegah penyakit kurap ayam
Penyakit kurap adalah penyakit yang menyerang bagian kulit pada ayam aduan. Sangat baik untuk mencegah penyakit kurap ini dikarenakan penyakit ini bisa menular. Penggunaannya bisa dilakukan dengan memandikan ayam dengan air rebusan daun sirih setidaknya seminggu sekali guna mencegah perkembangan kuman pada ayam.

Menghilangkan lemak pada bulu ayam
Lemak pada bulu ayam sangat mempengaruhi pertumbuhan otot pada ayam aduan. Para botoh profesional banyak menyarankan agar ayam yang siap rawat harus sesekali dimandikan dengan air rebusan daun sirih untuk menghilangkan lemak pada bulunya.

Demikianlah manfaat daun sirih untuk ayam aduan, semoga bermanfaat bagi pembaca.

Selamat Datang di palugadabet.com, Sabung Ayam Online.

Nikmati Bonus Sabung Ayam Hingga JUTAAN RUPIAH.
Segera Daftar dan Dapatkan Bonusnya.

Hubungi kontak resmi kami di palugadabet.com