Mengenal Asupan Gizi Ayam Aduan Sesuai Umur

asupan gizi ayam aduan - sabung ayam online

Sabung Ayam Online – Mengenal Asupan Gizi Ayam Aduan Sesuai Umur – Hal terpenting dalam ternak ayam aduan yakni mengenai asupan gizi yang terkandung dalam makanannya. Pakan yang diberikan untuk ayam aduan harus benar-benar diperhatikan. Karena makanan yang diberikan akan sangat berpengaruh terhadap asupan gizi ayam tersebut.

Pemberian makanan pun harus diperhatikan kandungan nutrisi sesuai umur ayam aduan. Apalagi jika ingin mendapatkan ayam aduan yang berkualitas. Berikan makan pada ayam aduan dengan kandungan nutrisi yang benar dan tepat. Kandungan nutrisi tersebut seperti protein, karbohidrat, lemak, pakan hijau, mineral dan vitamin.

Pastinya, pada setiap umur ayam memiliki kandungan nutrisi yang berbeda. Hal ini juga akan berpengaruh pada bentuk tubuh dan otot ayam. Perhatikanlah kandungan nutrisi yang tepat, agar pertumbuhan ayam aduan mencapai tingkat yang optimal.

Mengenal Asupan Gizi Ayam Aduan Sesuai Umur

Umur Ayam 2 Hari Hingga 2 Minggu
Pada usia ini, tubuh ayam yang masih kecil dan lemah akan sangat membutuhkan gizi yang tinggi. Sebaiknya berikan pakan yang lebih halus, karena ayam masih dalam proses pembelajaran. Pada usia ini, berikan pakan yang memiliki tinggi protein dan tinggi lemak, seperti daging.
Umur Ayam 2 Minggu Hingga 1 Bulan
Saat usia ini sebaiknya berikan pakan yang mengandung asupan gizi tinggi protein namun rendah lemak. Dengan persentase kira-kira mengandung serat 6,0%, lemak 3,0%, dan protein 20%. Untuk jenis pakan yang dapat menggunakan makanan campuran, misalnya mencampur katul, tepung ikan dan jagung dengan HI-PRO-VITE dengan perbandingan 3:2:1.
Umur Ayam 1-3 Bulan
Pada usia ini ayam sudah dapat diberikan pakan khusus. Biasanya para botoh memberikan pakan yang berkode 591/2/3 sesuai dengan tahap perkembangan dan umurnya. Ayam aduan satu bulan sudah dapat dilepas bebas setiap satu jam setiap harinya. Sedangkan usia dua bulan bisa dilepas selama paling lama dua jam tiap harinya.
Umur Ayam 3-6 Bulan
Diusia ini ayam sudah dapat diberikan pakan khusus ayam aduan ditambah suplemen atau berikan vitamin B komplit. Hal ini bertujuan membantu pertumbuhan tulang dan bulunya. Misalnya pakan berkode 593 dan 594 yang dicampur beras merah.
Umur Ayam 6 Bulan Keatas
Ketika ayam sudah memasuki usia 6 bulan ke atas, pakan yang cocok diberikan ialah beras merah. Guna untuk membentuk tubuh dan otot serta sesekali diberikan makanan voor sampai pertumbuhan bulunya sempurna.

Demikianlah pembahasan mengenai asupan gizi ayam aduan sesuai umur. Semoga bermanfaat untuk para pecinta ayam aduan.

Selamat Datang di palugadabet.com, Sabung Ayam Online.

Nikmati Bonus Sabung Ayam Hingga JUTAAN RUPIAH.
Segera Daftar dan Dapatkan Bonusnya.

Hubungi kontak resmi kami di palugadabet.com