Mengenal Jenis Ayam Hias Serama, Ayam Mini Bertubuh Tegap

Sabung Ayam TajiAyam Hias Serama adalah jenis ayam yang memiliki ukuran tubuh yang kecil, dan ayam ini mempunyai kelebihan yaitu dapat menegakan tubuhnya selayaknya seperti orang berdiri.

Mengenal Jenis Ayam Hias Serama, Ayam Mini Bertubuh Tegap

Ayam Serama berasal dari negeri Malaysia dan jika dilihat secara sepintas, Ayam ini mirip dengan ayam kate. Akan tetapi untuk bentuk tubuhnya sangatlah jelas berbeda dengan ayam kate, karena tubuh ayam serama jauh lebih kecil dari pada ayam kate.

Banyak yang menyukai ayam serama ini karena ayam ini memang sangat cocok dipelihara sebagai ayam hias, dimana ayam ini mempunyai tubuh yang unik meskipun badannya kecil. Di dalam perlomban, Ayam Serama akan nilai melalui bentuk sayap yang indah yang sampai menyentuh tanah dan penampilan gaya dari Ayam Serama tersebut.

Jika kita ingin mengikuti kontes Ayam Serama, dibutuhkan perawatan yang sangat ekstra terhadap ayam ini seperti cara merawat ayam serama yang baru menetas sampai penambahan gizi pada makanan yang diberikan dan juga yang tidak kalah penting adalah memberikan lantai kandang Ayam Serama menggunakan karpet hijau.

Ayam Hias Serama ini mempunyai beberapa jenis, diantaranya :

  • Serama Tipe Slim

Ayam serama jenis slim adalah ayam serama yang pertama kali muncul dimana ayam jenis ini pernah menjadi primadona di dunia para penghobi ayam serama. Awalnya ayam jenis ini hanya dikenal sebagai ayam kate saja. Dengan bentuk tubuhnya yang terlihat sangat proposional seperti ayam kampung tetapi tidak bantat.

  • Serama Apple

Ayam serama tipe apel mulai diperkenalkan pada tahun 2003-2004. Dimana serama tipe apel ini memiliki perbedaan jika dibandingkan dengan serama tipe slim, yaitu dengan bentuk tubuh bulat dan kaki yang pendek sehingga mirip seperti apel.

  • Serama Ideal

Serama ideal merupakan tipe Ayam Serama yang cukup sempurna karena dalam kedua tipe sebelmnya masih terdapat kekurangan, dimana kedua tipe serama tersebut diberikan penyilangan sehingga menghasilkan serama tipe ideal dengan tubuh yang ramping dada besar. Tipe Serama Ideal lah yang sampai saat ini dipergunakan untuk kontes ayam hias.

Banyak yang mengatakan Ayam Serama ini sama seperti ayam kate lainnya, akan tetapi Ayam serama memiliki harga yang lebih mahal dibandikan dengan Ayam Kate dan harga Ayam Serama akan semakin mahal apabila badan Ayam Serama tersebut semakin kecil. Perbedaan yang sangat jelas terlihat adalah Ayam Serama bisa membusungkan dadanya, dan sedangkan ayam kate tidak bisa.