Mengenal Kebiasaan dan Ciri Ayam Hutan

ciri ayam hutan - sabung ayam online

Sabung Ayam Online – Mengenal Kebiasaan dan Ciri Ayam Hutan – Ayam hutan adalah nama sejenis burung yang termasuk kelompok unggas dari suku Phasianidae, yakni keluarga ayam, puyuh, merak dan sempidan. Ayam hutan diyakini oleh nenek moyang sebagai ayam peliharaan yang ada di Nusantara. Ayam ini disebut dengan berbagai nama di beberapa daerah, seperti canghegar/cangehgar, ayam allas/alas/tarattah.

Memiliki nama ilmiah Gallus Varius ayam ini dalam bahasa inggris dikenal sebagai Green Junglefowl, Forktail atau Green Javanese Junglefowl. Ayam hutan memiliki panjang tubuh sekitar 60 cm utuk tipe jantan dan 42 cm untuk yang betina.

Ciri Ayam Hutan

Jengger pada ayam jantan tidak bergerigi, tapi membulat tepinya, berwarna merah dan kebiruan ditengahnya. Bulu dileher, tengkuk dan mantel hijau berkilau dengan tepian kehitaman terlihat seperti sisik ikan. Sisi pinggul berupa bulu-bulu panjang meruncing kuning keemasan dengan tengah berwarna hitam. Sisi bawah tubuh berwarna hitam serta ekor hitam berkilau kehijauan. Ayam betina lebih kecil, kuning kecoklatan, dengan garis dan bintik hitam.

Pagi dan sore ayam ini biasa mencari makan di alam terbuka dan berumput, sedangkan pada siang hari yang terik ia lebih suka berlindung dibawah pohon dalam hutan. Ayam hutan memakan aneka biji-bijian, pucuk rumput dan dedaunan, aneka serangga, serta berbagai jenis hewan kecil seperti laba-laba, cabing, kadal dan kodok kecil. Ayam ini kerap terlihat berkelompok bila mencari makan dekat kumpulan ungulata besar seperti kerbau, banteng dan sapi.

Pada malam hari, kelompok ayam hutan tidur tak berjauhan di rumpun bambu, daun-daun palem hutan pada ketinggian 1,5-4 meter di atas tanah. Ayam hutan berkembangbiak antara bulan Oktober hingga November di Jawa Barat dan sekitar Maret sampai Juli di Jawa Timur.

Tak seperti keturunannya ayam kampung, ayam hutan ini pandai terbang. Anak ayam hutan sudah bisa terbang dalam usia beberapa minggu saja. Ayam hutan dewasa mampu terbang hingga ketinggian 7 meter. Bahkan mampu terbang lurus hingga beberapa ratus meter bahkan diyakini mampu terbang dari pulau ke pulau yang berdekatan melintasi laut.

Demikianlah penjelasan tentang ayam hutan semoga bermanfaat untuk menambah ilmu pengetahuan anda. Terimakasih telah membaca.

Selamat Datang di palugadabet.com, Sabung Ayam Online.

Nikmati Bonus Sabung Ayam Hingga JUTAAN RUPIAH.
Segera Daftar dan Dapatkan Bonusnya.

Hubungi kontak resmi kami di palugadabet.com