Mengenal Ukuran dan Tipe Bertarung Ayam Bangkok

Sabung Ayam Taji Mengenal Ukuran dan Tipe Bertarung Ayam Bangkok – Didalam dunia pertarungan ayam, setiap ayam ingin diperlombakan terlebih dahulu diklasifikasikan menjadi beberapa bagian. Bagian-bagian tersebut dapat dibedakan berdasarkan ukurannya masing-masing. Misalnya jika ayam petarung tersebut ukuran tubuhnya kecil maka ditempatkan di tempat ayam yang berukuran kecil lainnya. Begitu pula sebaliknya, jika ayam petarung tersebut ukuran tubuhnya besar maka dapat ditempatkan di tempat ayam yang berukuran besar lainnya.

Mengenal Ukuran dan Tipe Bertarung Ayam Bangkok

Sebagian penggemar ayam aduan, ada yang membedakan ukuran setiap ayam petarung berdasarkan penomorannya. Arti dari membedakan ukuran setiap ayam petarung berdasarkan penomorannya adalah ayam petarung tersebut di timbang terlebih dahulu sebelum dipisahkan. Setelah itu, untuk ayam yang memiliki ukuran yang kecil maka akan diberikan penomoran dari satu hingga lima sesuai dengan bobotnya. Sedangkan untuk ayam yang memiliki ukuran yang besar maka akan diberikan penomoran dari enam hingga sepuluh.

Ayam petarung dapat dibedakan menjadi beberapa kelas. Salah satunya adalah kelas yang berdasarkan bobot badan. Didalam kelas berdasarkan berat badan, dapat dibedakan lagi menjadi dua kelas, yakni kelas berat dan kelas ringan. Ayam dewasa yang dikategorikan sebagai kelas ringan adalah ayam yang memiliki bobot 4 kg. Ayam petarung yang ringan ini memiliki sifat yang gesit dan sikap badannya yang sangat tegak. Sehingga ketika melawan musuhnya akan berjalan dengan lancar. Pukulannya yang kuat akan menyebabkan lawannya menjadi tidak dapat bergerak.

Oleh karena itulah, jangan sekali-kali menyepelekan jika ada lawan yang ringan karena walaupun badan ayam petarung tersebut ringan atau kecil tetapi di balik itu semua ternyata ayam petarung ini memiliki kemampuan dengan melawan musuhnya dengan sebentar saja. Namun, pada umumnya di dalam pertarungan ayam biasanya ayam kelas ringan akan di pertandingkan dengan ayam sesama kelas ringan lainnya. Pertarungan yang dilakukan biasanya di arena sabung kecil.

Ciri-ciri fisik dari ayam jantan yang termasuk kategori kelas ringan adalah sebagai berikut :

1. Bentuk Kepala
Bentuk kepala dari ayam jantan kategori kelas ringan adalah bentuk kepalanya yang panjang, runcing, dan tipis.

2. Bentuk Badan
Badannya sangat ramping dan ringan sehingga mudah dalam melawan musuhnya.

Ciri-ciri fisik dari ayam jantan yang termasuk kategori kelas berat adalah sebagai berikut :

1. Bentuk Kepala
Bentuk kepala dari ayam jantan yang termasuk kategori kelas berat adalah bentuknya bagaikan buah pinang. Termasuk ayam yang memiliki paruh yang kuat dan bentuknya yang melengkung.

2. Bentuk Leher
Bentuk lehernya panjang tetapi agak melengkung.

3. Bentuk Bulu Badan
Memiliki bulu yang pendek. Jika dipegang akan terkesan keras walaupun jika dilihat dari kejauhan bulu ayam ini sangat mengkilap dan terkesan halus

Itulah mengenai ukuran dan tipe bertarung ayam bangkok, semoga bisa berguna dan bisa untuk dijadikan panduan.

BACA JUGA>> Ayam Arab Yang Eksotis Dengan Bulunya Yang Mengkilap