Meracik Jamu Ayam Aduan Pencegah Penyakit Lumpuh Ayam Bangkok

Sabung Ayam Taji – Penyakit lumpuh Ayam Bangkok hampir sama dengan penyakit tetelo (ND) dan perlu Jamu Ayam Aduan dalam merawat ayam bangkok, karena sangat lah pentingĀ untuk membantu si ayam bangkok terhindar dari berbagai macam jenis penyakit

Meracik Jamu Ayam Aduan Pencegah Penyakit Lumpuh Ayam Bangkok

Ada beberapa macam jenis penyakit yang suka menyerang Ayam Bangkok, contohnya seperti penyakit pilek/Snot, Penyakit ngorok ayam, Penyakit Korep, Penyakit kuning ayam dan juga penyakit lumpuh Ayam Bangkok.

Jenis penyakit ayam lumpuh ini bisa dibilang penyakit ayam istimewa karena menyerang langsung sistem pernafasan pada ayam. Selain itu ada beberapa jenis penyakit lumpuh ayam yang disebabkan karena kerusakan otot setelah adu ayam, luka pada kaki ayam, dan kurangnya pemberian vitamin tambahan.

Jika Ayam Bangkok terkena penyakit lumpuh ini yang menurut banyak orang belum ada obatnya, sepertinya pemberian jamu untuk mencegah penyakit lumpuh tersebut merupakan salah satu cara yang paling efektif dan bahan untuk meracik jamu tersebut terbilang sangatlah mudah untuk didapatkan.

Jamu Ayam Aduan bisa dibilang salah satu cara yang bermanfaat untuk mencegah berbagai macam penyakit Ayam Bangkok ini. Selain bisa mencegah berbagai macam penyakit, jamu ayam aduan ini juga bisa bermanfaat untuk penambah stamina si ayam bangkok.

Berikut Bahan untuk Meracik Jamu Ayam Aduan Pencegah Penyakit Lumpuh Ayam Bangkok :

  • Jahe dan Kunyit instan 100 gram atau bisa menggunakan 3ons jahe basah atau kunyit basah yang kita tumbuk secara halus
  • Kencur dan Temulawak instant 100gram atau kita bisa menggunakan 30ons kencur atau temulawak basah yang kita haluskan terlebih dahulu
  • 1 sendok merica bubuk
  • 3 telur bebek atau telur ayam kampung
  • 200 gram kalk atau great sebagai salah satu sumber mineral calcium
  • 500 gram tepung ikan berkualitas yang bagus
  • 500 gram konsentrat bebek atau ayam petelur (kita juga bisa gunakan pur makanan ayam yang secukupnya)
  • 1 bungkus Jamu kuat untuk manusia, contohnya seperti kukubima dan kita bisa tambahkan sedikit madu

Cara Membuat Jamu Ayam Aduan Pencegah Penyakit Lumpuh Ayam Bangkok :

  • Kita bisa campurkan semua bahan tersebut menjadi satu, kecuali pur ayam dan telur. Setelah mencampur bahan tersebut kita bisa tambahkan telur, yang kemudian kita aduk merata serta tambahkan pur ayam dan juga air secukupnya sampai membentuk suatu adonan yang dapat dibentuk.
  • Setelah itu kita bisa membentuk adonan tersebut menjadi bola bola kecil sebesar kelering, setelah itu kita jemur sampai kering sebelum kita berikan kepada ayam aduan kita.

Khasiat jamu ayam aduan akan semakin maksimal bila kita berikan tambahan pakan ayam yang banyak mengandung kalsium, fosfor, vitamin A, vitamin D,vitamin B12 dan beberapa potong udang yang kita sudah kupas kulitnya sebanyak 2 udang perhari.