Merawat Bulu Ayam Serama Agar Berkilau dan Indah

Sabung Ayam Taji Merawat Bulu Ayam Serama – Ayam serama merupakan ayam yang unik dengan kualitas yang digunakan untuk kontes. Dengan demikian, perawatan bulu juga tergolong sangat penting untuk dilakukan agar bulu ayam serama tampil lebih cantik dan indah. Lakukan perawatan yang khusus pada jenis ayam ini setiap harinya. Hal yang penting yang perlu untuk kita jaga untuk membuat bulu ayam serama tetap cantik dan mengkilau yakni faktor pakan serta kebersihan kandang ayam tersebut karena kedua faktor ini sangatlah penting untuk kita jaga.

Merawat Bulu Ayam Serama Agar Berkilau dan Indah

Merawat bulu ayam serama untuk berkilau indah, anda bisa lakukan dengan cara memandikan ayam tersebut secara rutin setiap harinya. Apalagi jika ayam ini akan diikutkan dalam sebuah arena pentas. Sebab keindahan bulu ayam juga akan dinilai oleh sang juri, oleh karena itu ayam harus tampil unik dengan bulu yang bersih dan mengkilau agar memiliki peluang untuk menang lebih besar.

Jika kita sebagai pemeliharanya menginginkan ayam selalu tampil segar dan bulunya yang indah, maka lakukanlah pemandian terhadap ayam dengan mengusap bulunya dengan menggunakan busa dengan mengikuti alur arah bulu tersebut dan jangan sampai melawan arah arus bulunya. Busa yang kita gunakan janganlah terlalu banyak airnya. Setelah siap, langsung di lap dengan menggunakan kain yang bersih. Kemudian ayam tersebut kita angin-anginkan. Setelah bulu terlihat kering, kita bisa memasukkan ayam tersebut ke dalam kandang sangkarnya

Selain dengan memandikan, untuk mempercantik tampilan yang dimiliki oleh ayam tersebut, kita bisa mencabut bulu halus atau yang biasa disebut dengan bulu kupas yang biasa terdapat di bagian dada ayam tersebut. Jika kita ingin ayam serama memiliki bulu yang mengkilau, kita juga bisa memberikan atau mengolesi bulu ayam tersebut dengan menggunakan baby oil.

Agar bulu ayam serama tidak rusak, hal berikut yang harus kita lakukan pada ayam serama peliharaan anda adalah :

1. Ayam Serama Tidak Boleh Dikawinkan
Jika memiliki ayam serama yang kualitas kontes dan ayam tersebut ingin kita konteskan lebih baik ayam jangan dikawinkan karena jika ayam serama kawin maka ia akan suka untuk mematok bulunya sendiri. Maka dari itu, bulu yang dimiliki oleh ayam serama akan berguguran dan menjadikan jelek dalam penampilanya.

2. Ayam Serama Jangan Di Umbar
Ayam kualitas kontes untuk menjaga keindahan bulunya, ayam jangan di lepas atau di umbar dengan bebas berkeliaran. Anda sudah tahu, ayam akan sangat suka untuk bermain tanah dan tidur diatas tanah. Oleh karena itu, akan menjadikan bulu ayam menjadi kusam dan acak-acakan.

Mungkin hal itu saja yang dapat kami berikan mengenai informasi cara merawat bulu ayam serama agar berkilau dan indah. Semoga informasi yang kami berikan dapat membantu anda.

BACA JUGA>> Ayam Kukuak Balenggek Ayam Lokal Dari Sumatera Barat Dan Julukannya