Mitos dan Mistik Dalam Pertandingan Sabung Ayam

Sabung Ayam Taji – Sabung Ayam merupakan suatu kegiatan yang saling mengadu Ayam Jantan, akan tetapi terdapat Mitos dan Mistik Dalam Pertandingan Sabung Ayam.

Penjelasan Tentang Mitos dan Mistik Dalam Pertandingan Sabung Ayam

Di Indonesia sendiri sangat terkenal dengan sesuatu hal yang menganduk Mitos dan Mistik yang bisa membuat ayam terus menang atau agar ayam kebal terhadapa pukulan, terlebih pertandingan Sabung Ayam merupakan acara yang paling digemari oleh masyarakat.

Ada beberapa isu mengenai pembacaan mantara gara ayam bisa selalu menang dalam pertandingan Sabung Ayam. Ternyata ada sebuah mantra yang bernama Aji Pamepesan yang dikatakan bahwa bila orang yang membaca mantra tersebut dan menyemburkan asap rokok ke muka ayam kita, maka ayam kita akan selalu memenangkan pertandingan.

Ajian Pamepesan sebenarnya tidak diketahui kebenarannya karena banyak yang mengatakan Ajian Pamepesan tersebut merupakan sebuah mitos dari masyarakat jawa lama, akan tetapi banyak juga yang mengatakan bahwa keberadaan Ajian Pamepesan terdaoat dalam kitap Primbon Jawa Kuno.

Selain menggunakan Ajian Pamepesan, ada beberapa orang yang menggunakan batu mustika atau khodam yang biasanya dituliskan pada selembar kertas. Kertas yang berisi tulisan Khodam bisa dicelupkan ke dalam air, kemudian air tersebut bisa kita minumkan kepada ayam kita, sehingga membuat ayam kita akan sangat kuat dan tidak akan pernah kalah dalam pertandingan.

Banyak orang yang mengatakan bahwa ayam yang meminum air dari celupan khodam atau mantra yang kita berikan, maka penunggu dari khodam tersebut akan membantu si ayam untuk memenangkan setiap pertandingan dan menjadi tidak terkalahkan.

Tidak hanya hal Mistik, ada juga Mitos yang menyebutkan bahwa ada ayam yang memiliki keuataan gaib dimana jika ayam tersebut bertanding maka kemungkinan besar ayam tersebut akan memenangkan pertandingan.

Biasanya ayam mistik ini diberi nama Ayam Suro, berikut Beberapa ciri dari Ayam Suro :

  • Suro Cempaka

Ayam jenis ini memiliki bulu berwarna putoih kehijauan, dimana ekor ayam ini berwarna hitam dan putih. Jalunya berbentuk melengkung ke atas dan ayam ini mempunyai jengger yang berbelah tiga. Ayam Suro Cempaka ini dikatakan memiliki wibawa yang sangat tinggi.

  • Suro Ireng

Suro Ireng memiliki warna hitam dimana memiliki bulu rawis yang berwarna wiring merah hati. Ayam jenis ini mempunyai mata hitam serta memiliki jalu panjang tetapi tidak tajam dan memiliki jengger tidak yang di barengi dengan warna hitam pada kakinya. Ayam Suro Ireng ini memiliki pukulan yang sangat ampuh.

  • Suro Bungkus

Ayam jenis ini memiliki bulu blorok dimana jalu seperti terbungkus dan memiliki kaki warna hitam. Ayam ini mempunyai pukulan yang sangat mematikan.

  • Suro Pengantin

Ayam ini memiliki dua bulu di bagian ekor yang menjulang lebih panjang di bandikan dengan bulu yang lain. Ayam ini dapat memukul dengan akurat dan pandai menhindari serangan lawannya.

  • Suro Petir

Ayam jenis ini memiliki sisik di jari tengah yang pecah terbelah dua, dan ayam ini terkenal dengan pukulannya yang dapat membuat tumbang ayam lawan.

  • Suro Tanjung Karang

Ciri utama dari Suro Tanjung Karang ini adalah memiliki jalu yang tersusun rapih, dan ayam ini mampu memukul ayam lawan hingga pingsan atau tumbang secara sekeita.

Percaya atau tidak itu menjadi hak dari para pembaca, Indonesia sendiri sangatlah kental dengan berbagai hal yang berbau Mitos dan Mistik. Memang pada tradisi Sabung Ayam selalu ada orang yang mempercayai Mitos dan Mistik dalam Pertandingan Sabung Ayam