Pakan Anakan Ayam Serama Umur 0-4 Bulan

Sabung Ayam Taji Pakan Anakan Ayam Serama – Dalam pemberian pakan ayam serama, kita sebagai pemeliharanya juga harus sedikit mengerti serta memahami teknik dan pakan yang bisa kita berikan pada anakan ayam serama tersebut sesuai dengan umurnya. Sebenarnya dalam memberikan pakan serta melakukan perawatan anakan ayam serama ini, metode yang dilakukan hampir sama dengan cara memberi pakan dan merawat anakan ayam kampung.

Pakan Anakan Ayam Serama Umur 0-4 Bulan

Pakan anakan ayam serama yang berumur 0-4 bulan dalamn pemberiannya memang berbeda. Di usia anakan yang masih berada di bawah umur 1 bulan, pakan yang bisa kita berikan berupa pakan Voer yang bisa kita campurkan dengan jagung halus. Pemberian pakan pada anakan ayam serama ini juga akan menentukan kualitas ayam tersebut nantinya. Jika kita dalam pemberian pakan yang benar, maka anakan tersebut akan cepat besar, sehat serta menjadi anakan serama yang berkualitas kontes. Selain pemberian pakan, faktor perawatan juga penting untuk dilakukan misalnya melakukan penjemuran setiap pagi hari, memandikannya dan melatih ayam tersebut untuk melakukan gaya erotisnya.

Pakan anakan ayam serama yang masih berumur 1-2 bulan kita hanya bisa memberikan voer 511 yang bisa kita campurkan dengan jagung yang telah kita tumbuk sampai halus. Dalam pencampuran lakukanlah dengan perbandingan 2:2. Selain pakan voer dan jagung halus tersebut, pemberian pakan tambahan sangat disarankan untuk dilakukan. Pakan tambahan yang paling bagus adalah kroto. Cara memberikan pakan tambahan berupa kroto ini bisa kita berikan pada anakan ayam serama setiap 15 hari sekali. Pakan berupa kroto sangat penting untuk anakan ayam serama. Karena kandungan vitamin dan gizinya cukup besar mampu untuk meningkatkan ketahanan tubuh serta kekuatan anakan ayam serama tersebut.

Jangan lupa juga untuk selalu memberikan vitamin seperti vitamin B kompleks yang bisa kita berikan pada anakan ayam serama setiap 2 hari sekali. Cara pemberiannya juga cukup mudah, kita bisa mencampurkan jenis vitamin tersebut pada air minumnya. Akan tetapi, setelah anakan tersebut telah berumur 3 bulan keatas, pakan sudah bisa kita ganti dengan beras merah, jagung serta milet. Untuk ukurannya, silakan ketiga bahan tersebut dibagi dengan rata. Pakan tambahan yang diberikan juga akan berbeda, jika berumur dibawah 3 bulan kita berikan kroto makan untuk yang berumur 3 bulan keatas kita bisa berikan jangkrik. Cara melakukan pemberian pakan tambahan ini, cukup anda berikan 3 ekor jangkrik setiap 3 hari sekali atau bisa juga 4-5 ekor. Tidak ada batasan dalam masalah pemberian pakan tambahan ini.

BACA JUGA>> Kelebihan dan Kekurangan Ayam Betet