Pengelompokan Jenis Penyakit Infeksi Pada Ayam

pengelompokan jenis penyakit infeksi pada ayam - sabung ayam online

Sabung Ayam Online – Pengelompokan Jenis Penyakit Infeksi Pada Ayam. Kita dapat mengkelompokan jenis infeksi penyakit yang menyerang ayam kedalam 3 buah kategori resiko, yaitu tinggi, standar, dan rendah. Ini adalah beberapa contoh pengelompokan jenis penyakit infeksi pada ayam :

Cacar Cholera (Tinggi)
Penyakit ini dapat menyerang ayam pada semua umur. Gejala penyakit ini umumnya ayam menjadi sering buang kotoran, tidak nafsu makan, jenggernya berwarna biru, nafas ayam terengah-engah. Penyakit ini dapat menjadi penyakit kronis yang dapat membuat ayam mati secara tiba-tiba. Penyakit cacar cholera menyebar melalui makanan dan minuman yang telah terinfeksi oleh virus Cholera. Salah satu pencegahan terbaiknya adalah dengan menjaga kebersihan area kandang dan memberikan vaksin secara berkala.

Avian Influenza (Tinggi)
Pada awalnya penyakit ini diderita oleh bebek dan unggas-unggas air, kemudia secara cepat penyakit ini menular kepada ayam. Jumlah kematian pada ternak sangat tinggi yang di akibatkan oleh penyakit ini. Virus merupakan penyebab utama dari penyakit ini, sehingga dapat disimpulkan bahwa penyakit ini tidak dapat diobati. Karena penyakit ini tidak dapat diobati, maka ada baiknya untuk kita mencegah penularannya. Pencegahan terbaik untuk penyakit ini adalah dengan membersihkan kandang dan pastikan kandang tetap bersih.

Cacing Roundworms (Standar)
Parasit dalam tubuh ayam banyak terdapat dalam semua umur. Parasit ini menyebabkan kesehatan yang buruk pada ayam, berat badan ayam turun, diare disertai darah dan produksi telur menurun. Treatment yang terbaik adalah menambahkan anthelmintics di dalam air minum ayam sekali atau dua kali dalam setahun. Kondisi yang higienis akan mencegah penyebaran penyakit ini.

Pullorum (Standar)
Umumnya penyakit ini menyerang anak ayam dengan ciri-ciri anak ayam tersebut tidak dapat berjalan, perut buncit, dan kotorannya cair serta berwarna putih. Pengobatan untuk penyakit ini tidak ada. Pencegahan untuk penyakit ini dengan cara menjaga kebersihan kandang. Jika ada anak ayam yang mati di sekitar kandang, segera ambil bangkainya dan bakar bangkai tersebut agar tidak menyebar infeksinya kepada ayam lain.

E coli (Rendah)
Penyakit ini biasanya menyerang pada anak ayam yang menyebabkan infeksi di daerah sekitar perut. Gejala pada ayam adalah pernafasan menjadi terengah-engah atau infeksi pada organ telur yang menyebabkan ayam berhenti bertelur. Pencegahan terbaik adalah memelihara kebersihan ayam dan kandang lebih higienis.

Marek’s (Rendah)
Marek’s merupakan penyakit yang hampir mirip dengan penyakit manusia seperti stroke. Penyakit ini dapat melumpuhkan beberapa organ tubuh dari ayam, seperti sayap ayam yang tidak dapat digerakan atau kaki ayam mengalami kelumpuhan.

Sekian informasi yang dapat kami bagikan tentang pengelompokan jenis penyakit infeksi pada ayam. Semoga bermanfaat untuk anda pecinta ayam.

Selamat Datang di palugadabet.com, Sabung Ayam Online.

Nikmati Bonus Sabung Ayam Hingga JUTAAN RUPIAH.
Segera Daftar dan Dapatkan Bonusnya.

Hubungi kontak resmi kami di palugadabet.com