Penyakit Pilek Ayam yang Sangat Mematikan

Agen Sabung Ayam – Penyakit pilek ayam atau yang disebut dengan SNOT/Coryza merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri dari Haemophillus Gallinarum, bakteri ini sering kali menyerang pada anak ayam.

Penyakit Pilek Ayam yang Sangat Mematikan

Penyakit ini muncul karena pengaruh dari musim yang sering berganti ganti dan kesehatan serta ketahanan anak ayam yang kurang.
Penyakit Snot ini sering ditemukan pada peternakan peternakan yang berada di daerah tropis, penyakit ini tidak memandang umur dari si ayam, baik anak ayam dan ayam dewasa dapat terkena penyakit ini. Penyakit ini tergolong sangat berbahaya karena hampir 30% anak ayam yang terkena penyakit ini akan mati.

Berikut Beberapa Gejala yang Ditimbulkan Oleh Penyakit Pilek Ayam Snot/Coryza :

  • Anak ayam akan selalu merasa mengantuk, kurang bergairak terlihat tidak ada semangat dan biasanya disertai dengan sayapnya yang turun
  • Hidung dari si ayam yang terkena penyakit ini akan selalu mengeluarkan lendir kental yang berwarna kuning serta memiliki bau
  • Muka dan mata dari si ayan akan mengalami pembengkakan
  • Munculnya seperti kerak kerak pada hidung si ayam
  • Si ayam kaan mengalami penurunan nafsu makan sehingga tembolok dari si ayam akan kempes
  • Jika saat anak ayam bernafas akan terdengar seperti mengorok atau kesulitan untuk bernafas
  • Pertumbuhan pada si anak ayam tersebut akan terhambat
  • Mata dari si ayam terkadang tertutup lama dan bahkan tidak bisa terbuka kembali

Pengobatan untuk ayam yang memiliki penyakit seperti ini dapat dilakukan secara pengobatan kimia dan tradisional. Bila dengan menggunakan obat kimia, pengobatan kepada ayam yang terkena penyakit Snot adalah dengan memberikan obat yang memiliki tipe preparat sulfat seperti sulfadimenthoxine atau juga bisa dengan menggunakan sulfathiazole. Untuk Pemberian antibiotik seperti Imequil, ultramycin, corivit serta bisa juga dengan suntikan sulfamix dengan dosisi rendah akan sangat efektif untuk si ayam yang terkena penyakit Snot sangat parah.

Pengobatan secara tradisional untuk penyakit Snot ini bisa juga disembuhkan dengan memberikan tambahan vitamin terhadap anak ayam yang terkena pentakit ini dengan cara memberikan susu bubuk dan juga tambahan tanaman obat seperti Lobak, Bawang Putih, Bawang Merah dan juga Jahe.

Yang perlu diperhatikan yaitu, penyakit Snot ini dapat menular dengan sangqat cepat, apabila ada ayam yang terkena penyakit ini haruslah segera dipisahkan dari ayam yang sehat agar penyakit ini tidak menular kepada ayam yang lainnya.