Ragam Jenis Ayam Yang Ada Di Negara Indonesia

Sabung Ayam Taji Ragam Jenis Ayam Yang Ada Di Negara Indonesia – Ayam merupakan salah satu lambang sebuah daerah atau bangsa. Di negara tetangga kita yakni negara Thailand, ayam jenis aduan merupakan penghasilan kedua terbesar dari devisa negara tersebut. Bahkan di Indonesia sendiri, ayam menjadi sebuah gosip yang tidak ada hentinya dan menjadi pusat perhatian bagi sebagian orang baik yang ada di perdesaan ataupun di perkotaan dan dari kalangan bawah hingga kalangan atas. Sehingga ayam jenis ini menjadi sebuah prima dona bagi mereka sendiri. Memang banyak penggemar ayam tidak selalu menyukai ayam aduan. Karena mereka menyukai ayam bukan hanya untuk aduan saja melainkan mereka menyukai suara, bentuk tubuh serta warna bulu yang dimiliki ayam tersebut. Sehingga banyak penggemar ayam aduan memiliki banyak variasi untuk memilih ayam yang akan dijadikan sebagai peliharaannya.Ragam Jenis Ayam Yang Ada Di Negara Indonesia

Di Indonesia sendiri banyak jenis ayam yang tersebar dan ada juga ayam yang memiliki nama berdasarkan daerah masing-masing. Sehingga kita sebagai penggemar ayam tidak akan sulit untuk membedakan jenis ayam tersebut. Karena dari bentuk tubuh, suara, dan daerahnya sangat jauh berbeda. Ada beberapa jenis ayam yang telah tersebar di Indonesia yang wajib anda ketahui antara lainnya :

1. Ayam Jawa

Ragam Jenis Ayam Yang Ada Di Negara Indonesia
Ayam Jawa adalah ayam asli dari Jawa Tengah dimana ayam ini bukan jenis ayam yang digunakan untuk aduan melainkan dimanfaatkan dagingnya untuk dikonsumsi sehari-harinya. Yang perlu diingat, ayam jenis ini memiliki daging yang sangat lezat dan enak jika di masak dengan bumbu tradisional dari Indonesia. Dan telah terbukti bahwa daging ayam jawa ini telah menjadi pilihan utama diberbagai kuliner. Rasa dagingnya yang renyah dan empuk serta kenyal menjadikan daging ayam ini menjadi nomor satu di daerah Jawa. Dan harga daging ayam ini memang relatif mahal jika dibandingkan dengan ayam negeri lainnya. Ayam jawa sebenarnya tidak ada bedanya jika dibandingkan dengan ayam biasa lainnya. Bentuk tubuhnya besar dan lonjong untuk ayam yang telah dewasa. Yang membedakan hanyalah ayam jawa mempunyai jengger yang lebih lebar jika dibandingkan dengan ayam-ayam jenis lainnya. Umur ayam jawa sendiri relatif lama karena ayam jawa ini bisa hidup lebih dari lima tahun.

2. Ayam Negri (Pedaging)

Ayam Negri (Pedaging)
Ayam negri atau pedaging yang biasa kita temui dipasaran. Ayam ini dipasaran sekarang harganya cenderung naik yang dulu harganya sekitar 23 ribu sekarang bisa mencapai kisaran harga 31 ribu. Tentu bisnis ayam pedaging ini sangatlah menarik untuk dilakukan. Ayam negri atau pedaging memiliki ciri-ciri yang khas dnegan bulu putih serta tidak ada perbedaan antara ayam jantan dengan ayam betina. Ayam negeri ini sekarang telah banyak dibudidayakan oleh para peternak ayam pedaging karena umurnya yang relatif singkat. Umur ayam pedaging berkisar 41 hari sudah bisa dijual di pasaran.

3. Ayam Cemani

Ayam Cemani

Ayam cemani hampir sama dengan ayam kedu. Tetapi ayam cemani sangat berbeda dengan ayam jenis lainnya. Umur yang dimiliki hampir sama dengan ayam jawa. Tetapi ciri khas yang dimiliki ayam ini tidak dimiliki oleh ayam jenis lainnya yakni warna hitam kelam dari ujung jengger sampai dengan ujung cekernya. Oleh karena itu dikatakan ayam cemani karena memiliki warna hitam diseluruh bagian tubuhnya. Bahkan ayam cemani yang asli memiliki warna darah yang hitam juga. Ayam cemani yang memiliki darah berwarna hitam biasanya dijadikan pilihan sebagai sesajen atau dijadikan sebagai pilihan oleh paranormal. Dan yang perlu diketahui bahwa ayam cemani yang memiliki darah berwarna hitam memiliki harga yang sangat mahal bisa berkisar 16-21 juta perekornya. Tetapi untuk mendapatkan ayam ini sangat sulit di zaman sekarang. Dalam memilihara ayam ini juga tidak boleh sembarangan. Ayam ini harus ditempatkan di daerah yang redup dan tidak boleh terkena sinar matahari langsung. Karena menurut berita yang tersebar zaman dulu jika terkena sinar matahari langsung warna bulunya yang dimilikinya akan berubah.

4. Ayam Ketawa

 Ayam Ketawa
Sebenarnya ayam ini tidak memiliki perbedaan mengenai bentuk tubuh tetapi ayam ini dicari untuk dijadikan peliharaan karena suara yang dimilikinya sama seperti orang yang sedang ketawa dan suara yang dimilikinya sangat panjang. Oleh karena itu para penggemar ayam akan rela mengeluarkan biaya yang banyak hanya untuk membeli jenis ayam ini dan ingin mendengarkan suaranya.

5. Ayam Kate

Ayam Kate
Ayam jenis ini mempunyai ciri yang khas yakni bentuk tubuh yang pendek sekalipun sudah berumur tua. Dengan ekor yang menjulang tinggi ke atas, membuat ayam ini memliki harga yang tinggi apalagi jika bulu ekornya bisa mencapai ke bagian kepalanya. Harga ayam inipun memiliki harga yang sangat fantastis.

BACA JUGA>>