Silsilah dan Sejarah Ayam Bangkok Aduan

sejarah ayam bangkok - sabung ayam online

Sabung Ayam Online – Silsilah dan Sejarah Ayam Bangkok Aduan – Ayam aduan dalam bahasa Inggris disebut gamecock (ayam jantan laga) atau gamefowl (unggas laga) atau fighting cock (ayam jantan aduan/sabung/tarung). Terjemahan bahasa Inggris tersebut tidak menggunakan istilah “Ayam Bangkok”. Istilah ayam bangkok sebenarnya adalah sebutan lokal dari jenis ayam yang pada mulanya berasal dari negara Thailand, yang memiliki ibukota Bangkok.

Melihat sejarah ayam bangkok memang memiliki karakter dan insting untuk menjadi ayam aduan. Di Thailand, ayam tersebut diberi nama ayam thai dan ayam aduan jenis lain diberi nama berdasarkan nama negara seperti ayam vietnam (saigon) dan ayam myanmar (birma).

Di negara Thailand, ayam saigon dan ayam birma juga dijadikan sebagai ayam aduan, tentunya di adu dengan jenis ayam yang sama. Sebagian peternak di Thailand mengawin silangkan ayam bangkok dengan ayam saigon atau birma. Kawin silang tersebut dimaksudkan untuk mendapatkan turunan ayam aduan yang lebih baik dengan memasukkan karakter terbaik dari masing-masing indukan ayam.

Ayam aduan adalah ayam jantan/jago dengan ciri fisik dan karakter yang cocok untuk di adu. Jadi ayam aduan tidak sembarangan, tapi harus memiliki ciri-ciri ayam aduan yang baik. Penggunaan istilah fighting cock (ayam aduan) pertama kalinya digunakan untuk “laga permainan” olahraga dan hiburan pada tahun 1646. Sebelumnya kata yang mirip dengan ayam aduan (Fighting cock) juga telah digunakan oleh George Wilson dalam bukunya the sport of cockfighting in The Commendation of Cocks and Cock Fighting tahun 1607.

Ayam aduan sangat berkaitan dengan ayam liar atau ayam hutan yang ada di Asia Tengah dan Asia Tenggara. Ayam aduan secara fisik lebih mirip dengan ayam hutan dibandingkan dengan ayam negri. Ayam hutan dibudidayakan untuk mempertahankan ciri fisik dan naluri alami. Naluri seksual dari ayam aduan jago menjadi pendorong keinginannya untuk menguasai, mendominasi, dan mengusir ayam jago lainnya agar dapat menguasai lingkungan. Seperti halnya ayam jago, ayam betina dari jenis ayam aduan juga terkadang memiliki keinginan untuk menguasai lingkungan.

Nama lain dari adu ayam adalah sabung ayam, seperti permainan/olahraga berdarah lainnya yang tidak diizinkan (ilegal) di banyak negara. Namun, masih banyak saja sabung ayam yang eksis di beberapa negara besar seperti Irlandia, Inggris, Amerika Serikat dan Spanyol.

Ada juga ayam aduan yang dikondisikan bukan untuk bertarung, melainkan untuk kontes penampilan. Ayam jago ini bulunya dibuat panjang dan rapi, badan dan otot tampak atletis dengan warna menarik. Karakter turunan ayam aduan tidak cocok di produksi besar-besaran seperti ayam negeri. Sampai sekarang ayam aduan hanya cocok untuk tujuan pertandingan dan pertunjukan kontes.

Demikianlah artikel silsilah dan sejarah ayam bangkok, semoga bermanfaat untuk menambah ilmu pengetahuan. Terimakasih telah membaca dari awal hingga akhir.

Selamat Datang di palugadabet.com, Sabung Ayam Online.

Nikmati Bonus Sabung Ayam Hingga JUTAAN RUPIAH.
Segera Daftar dan Dapatkan Bonusnya.

Hubungi kontak resmi kami di palugadabet.com