Tipe Pukulan Ayam Bangkok Yang Hebat Dalam Pertandingan

Sabung Ayam Taji – Tipe Pukulan Ayam Bangkok Yang Hebat Dalam Pertandingan, Pukulan dan taji adalah senjata utama bagi Ayam Bangkok untuk melawan musuhnya dalam pertandingan.

Tipe Pukulan Ayam Bangkok Yang Hebat Dalam Pertandingan

Pukulan dan taji merupakan salah satu kriteria utama dalam memilih Ayam Bangkok aduan yang bagus, karena apabila hanya melihat dari jenis pukulan dari Ayam Bangkok tersebut tanpa melihat bentuk taji nya, maka kekuatan dari si Ayam Bangkok itu akan tidak seimbang. Apabila si ayam memiliki pukulan yang sangat hebat akan tetapi tidak memiliki taji, hal itu tentu saja akan membuat si ayam mengeluarkan pukulan yang biasa saja.

Ada beberapa hal pukulan Ayam Bangkok yang perlu kita perhatikan dalam memilih Ayam Bangkok, seperti berikut :

  • Sasaran Pukulan

Pukulan Ayam Bangkok yang paling umum adalah kearah kepala dan leher. Pada beberapa menit pertama pertandingan, terkadang ayam memukul di bagian dada dan bahu, selanjutnya pada bagian kepala dan leher ke atas. Hanya sedikit ayam bangkok yang memiliki pukulan di bagian dada, punggung, sayap, pinggang dan juga perut.
Ayam Bangkok yang bagus pada umumnya mempunyai pukulan yang terarah pada bagian kepala dan leher secara konsisten, karena pukulan keras yang mengenai kepala dapat mengenai syaraf di belakang kepala.

  • Akurasi Pukulan

Akurasi pukulan adalah ketepatan pukulan ayam dalam mengenai sasarannya. Ayam yang pukulannya tidak tepat dan hanya sembarangan menyerang cukup banyak. Akan tetapi tentu kita harus memilih ayam bangkok yang akurasi pukulan nya selalu terarah ke bagian kepala dan leher lawannya. Akan tetapi yang perlu kita ingat kembali adalah, akurasi pukulan dari si ayam akan semakin berkurang, apabila menghadapi lawan yang memiliki gerakan lincah dan cenderung selalu bergerak.

  • Arah Pukulan

Arah pkulan Ayam Bangkok bisa dari depan, serong (dari depan akan menyamping), samping kanan atau kiri, dan dari belakang. Dalam pertandingan Ayam Bangkok dominan menyerang dari depan ataupun serong, kemudian akan menyerang dari samping kiri atau kanan dan terkadang menyerang dengan sembarang cara. Ayam Bangkok yang baik dikatakan mampu menyerang dari segala arah dan dapat membaca pergerakan lawan, sehingg si ayam dapat mengeluarkan arah pukulan yang sangat akurat.

  • Frekuensi Pukulan

Frekunsi pukulan dalam hal ini dikatakan jumlah pukulan yang di keluarkan Ayam Bangkok dalam pertandingan. Yang paling umum dikeluarkan dalam pertandingan adalah satu kali pukul setiap gebrakan, walaupun ada yang mengeluarkan 2 atau 3 kali pukulan beruntun terutama saat stamina si ayam tersebut masih kuat.
Frekuensi Pukulan ayam bangkok juga tergantung dari kebiasannya mematok lawan dimana ada yang mematok cukup lama dan juga ada yang mematok hingga kencang.
Ayam bangkok yang bagus dikatakan dapat segera memukul sesaat setelah mematok (tempel pukul), dimana ayam tersebut akan memiliki banyak peluang untuk memenangkan pertandingan.

  • Jarak Pukul

Posisi atau jarak pukul Ayam Bangkok dengan lawannya terkadang bisa jauh dan juga bisa dari dekat. Untuk hal ini kita tidak bisa menebak secara langsung, karena terdapat ayam yang selalu menjaga jarak dalam bertanding dan juga ada ayam yang segera mendekati lawannya untuk memukul terlebih dahulu.

  • Pukulan Mematikan

Hanya ada sebagai kecil Ayam Bangkok dapat mengeluarkan satu pukulan mematikan seperti pukul telak, pukulan panas atau pukulan saraf dalam pertandingan. Ayam bangkok yang memiliki pukulan keras akan tetapi pukulannya dingin, maka hal itu masih bisa di tahan oleh lawannya.
Ayam yang bagus dikatakan mempunyai pukulan yang panas dimana ayam lawan akan segera linglung jika terkena pukulan ini, terlebih pukulan panas yang terarah ke kepala atau leher lawan.
Dalam hal ini para penggemar Sabung Ayam masih memilih ayam dengan melihat katuranggan di sisik atau kaki ayam tersebut.

  • Pukulan Taji

Taji adalah senjata yang sangat mematikan bagi ayam bangkok selain dengan pukulan mematikan. Pukulan Taji Ayam bangkok yang masih muda akan sangat sulit dilihat, apakah taji tersebut bagus atau tidak. Akan tetapi pada umumnya ayam yang tajinya bisa mengenai lawannya adalah ayam yang pukulan kakinya mengarah pada bagian atas kepala.

Sebenarnya dalam pukulan Ayam Bangkok masih banyak jenisnya seperti pukulan tarik, pukulan tulang, pukulan kering dan juga pukulan nimpukyang sering digunakan oleh jenis Ayam Aduan Birma. Gerakan kaki saat memukul juga ada banyak macamnya, seperti kaki menendang lurus sambil keduaa pergelangan kaki dirapatkan dan juga ada yang pergelangan kaki menjadi menyilang.