Tips Cara Mencegah Penyakit Cacar Pada Ayam Bangkok

Sabung Ayam Taji – Penyakit Cacar Pada Ayam Bangkok merupakan salah satu jenis penyakit yang meyerang unggas dan penyakit ini lebih sering menyerang ayam dan sangat sering menyerang anak ayam, meskipun menular sebetulnya penyakit ini tidak terlalu berbahaya karena cacar ini akan sangat berbahaya apabila penyakit cacar ini tumbuh di dalam rongga mulut dan kerongkongan.

Tips Cara Mencegah Penyakit Cacar Pada Ayam Bangkok

Penyakit ini terbilang sangat lah mudah menjangkit unggas, sehingga perlu diwaspadai terutama oleh para peternak ayam aduan. Meski tidak menular pada manusia, cacar unggas ini tetap bersifat menular terhadap sesama ayam atau unggas lainnya jadi sangatlah perlu diperhatikan.

Ayam Bangkok yang terkena penyakit ini akan menunjukkan gejala lesu, nafsu makan berkurang sehingga dapat mempengarhui produksitivtasnya. Selain itu suhu tubuh akan tinggi serta kotoran akan terlihat encer. Ciri khas bagi ayam yang terjangkit penyakit ini adalah pada bagian fisik unggas tampak kutil berwarna putih atau kekuningan.

Penyakit Cacar Pada Ayam Bangkok memiliki dua tipe, yaitu basah dan kering :

  • Cacar Unggas Tipe Kering

Cacar ini umumnya menyerang kulit pada bagian tubuh yang tidak berbulu seperti di daerah sekitar mata, pangkal paruh, sekitar kloaka, kaki dan cakar. Ayam yang terkena penyakit ini akan terlihat lemah dan nafsu makan akan menurut drastis. Jika cacar muncul di paruh maka akan membuat si ayam kesulitan untuk makan. Ayam akan merasa kesulitan bernafas jika cacar ini muncul di pangkal parah yang berdekatan dengan lubang hidung.

  • Cacar Unggas Tipe Basah

Cacar ini terbilang lebih berbahaya, karena sangat sering memunculkan infeksi sekunder sehingga makin memperburuk kondisi si ayam dan tidak jarang menyebabkan kematian. Ayam yang terkena penyakit ini akan mengalami bercak putih yang berkembang pada selaput lendir dari mulut, tenggorokan, trakea dan paru paru.

Penularan virus Cacar Unggas Biasanya Bisa Ditularkan Melalui Beberapa Hal Berikut Ini :

  • Serangga Lain :Penularan biasanya terjadi ketika nyamuk menggigit ayam yang terinfeksi. Setelah menggigit, nyamuk ini dapat membawa dan menularkan virus ini selama 1 bulan atau lebih. Selain nyamuk, lalat juga bisa menularkan virus cacar ini.
  • Ayam Terinfeksi : Virus cacar ayam dapat ditularkan melalui kontak langsung dengan unggas yang terinfeksi dengan unggas yang sehat.
  • Wadah Pakan/Minum/Tenggeran : benda benda di sekitar kandang juga bisa menjadi media penularan karena itu sangat penting sekali mengisolasi ayam yang terkena penyakit ini dan membersihkan kandang.

Berikut Tindakan Pencegahan Dari Penyakit Virus Cacar Ayam Bangkok :

  • Jangan biarkan genangan air di lingkungan sekitar rumah karena bisa menjadi sarang nyamuk dan juga bisa membawa virus cacar unggas dari tempat lain.
  • Rutin menjaga kebersihan kandang, seperti wadah pakan, minum harus dibersihkan setiap hari dan untuk tenggeran bisa dibersihkan 1-2 kali dalam seminggu.
  • Melakukan isolasi segera dengan mengkarantina ayam yang terinfeksi penyakit ini atau dijauhkan dari kelompok ayam yang masih sehat
  • Oleskan Kitolot Plus Cream langsung ke bagian yang mengalami luka cacar, setiap pagi hari dan sore hari sampai si ayam sembuh
  • Pengobatan pada ayam yang terkena penyakit cacar bisa dilakukan dengan cara membersihkan bungkul bungkul luka dan memberikan iodium dan ayam yang sakit bisa diberikan pakan yang menggandung gizi tinggi.

Sekian Informasi Dari Kami Sabung Ayam Taji MengenaiĀ Tips Cara Mencegah Penyakit Cacar Pada Ayam Bangkok ^^