Tips Cara Untuk Mencegah Berbagai Macam Penyakit Ayam Bangkok

Sabung Ayam Taji – Di musim pancaroba, bukan hanya manusia saja yang bisa terkena penyakit akan tetapi ada juga Penyakit Ayam Bangkok yang mewabah dan bahkan banyak peternak ayam yang terkena wabah penyakit ini.

Tips Cara Untuk Mencegah Berbagai Macam Penyakit Ayam Bangkok

Pada manusia efek wabah penyakit di musim pancaroba bisa dibilang tidak terlalu jadi masalah yang serius. Akan tetapi akan menjadi masalah yang serius apabila menyerang ayam bangkok aduan kita, mulai dari wabah yang ringan hingga wabah yang berat.

Contohnya seperti kasus flu burung, yang berakibat dari inveksi dan penyebaran virus ini sering membuat para peternak kesulitan dimana cara satu satunya untuk menghilangkan virus flu burung ini adalah dengan cara pemusnahan unggas tersebut.

Berdasarkan pengalaman kami, ada berbagai tips cara untuk mencegah wabah penyakit yang diakibatkan karena perubahan musim yang mendadak dan perlu penanganan yang serius.

Berikut Tips Cara Untuk Mencegah Berbagai Macam Penyakit Ayam Bangkok, versi Sabung Ayam Taji :

  • Pemilihan Lokasi Kandang

Pemilihan Lokasi kandang yang tepat adalah salah satu kunci sukses memelihara ayam bangkok, dimana kandang yang terletak di lokasi yang buruk tentu saja bisa mempengaruhi kondisi dari si Ayam Bangkok. Dimana si Ayam Bangkok akan sangat mudah terkena penyakit.
Syarat utama dalam pemilihan lokasi kandang adalah pilihlah lokasi yang benar benar jauh dari tempat peternak ayam potong, karena peternak ayam potong sangat rentan terkena virus penyakit dan juga lingkungan dari peternak ayam potong sangatlah tidak terjaga.

  • Tidak Mencampur Ayam

Tips satu ini bisa kita lakukan dengan cara melakukan peletakan kandang yang sangat tepat, dimana kita tidak mencampur ayam dalam satu kandang. Jangan pernah mencampur ayam dalam satu kandang besar, jauh lebih baik membuat kandang yang sederhana untuk satu ekor saja. Apabila satu ayam terkena penyakit, maka ayam lainnya tidak akan tercampur dengan ayam yang sakit tersebut.

  • Perhatikan Kebersihan Kandang

Menjaga kebersihan kandang sangatlah penting untuk dilakukan, dimana tingkat kelembaban tanah di sekitar kandang juga sangatlah penting dalam mencegah penyakit Ayam Bangkok. Kandang yang kotor dan lingkungan yang lembaba adalah tempat parasit penyakit berkembang biak, maka dari itu kita harus rutin membersihkan kandang dan lingkungan di sekitar kandang kita.
Pembersihan kandang bisa dilakukan secara rutin seminggu sekali dan buatlah saluran air agar tanah yang basah di sekitar kandang bisa cepat kering.

  • Kandang Harus Steril

Maksud kandang harus steril adalah kandang Ayam Bangkok harus terhindar dari hewan lainnya karena mereka bisa menjadi mediator yang membawa bibit penyakit dari luar ke dalam kandang. Kita juga bisa membuat pagar yang mengelilingi kandang dengan menggunakan batu bata. Walaupun membuat pagar pembatas terbilang memerlukan dana yang besar, akan tetapi hal ini sangatlah efektif untuk membantu mencegah wabah penyakit dari luar.

  • Tindakan Karantina

Setiap Ayam Bangkok yang sakit atau Ayam Bangkok yang kita beli dari peternak lain, usahakan untuk melakukan karantina terlebih dahulu. Karantina disini dimaksudkan untuk mencegah Ayam Bangkok yang sakit menulari Ayam Bangkok yang sehat.
Tindakan karantina tidak membutuhkan waktu yang lama, untuk ayam sakit bisa dilakukan hingga ayam tersebut pulih dan kembali sehat

  • Kebersihan Tempat Pakan

Tempat pakan sering kali menjadi sumber penyakit utama dari Ayam Bangkok, terutama jika ayam kita makan jenis pakan basah seperti dedak dan pur.
Tempat pakan yang lembab sangat disukai bibit penyakit karena tempat paka njuga biasanya mengandung karbohidrat yang diperlukan bibit penyakit untuk berkembang biak.

  • Desinfektasi

Desinfektasi kandang juga sangat perlu dilakukan terutama bila wabah penyakti ayam di skeitar lingkungan kandang sudah sangat menyebar. Desinfektasi bisa dilakukan dengan menyemprot kandang menggunakan cairan desinfektasi yang sangat sederhana, yaitu menggunakan air sabun.
Kandungan bahan aktif di dalam sabun cair cukup ampuh untuk membunuh semua kuman penyebab penyakit pada ayam bangkok.

  • Pakan, Jamu, Suplemen dan Vitamin

Hal terakhir yang perlu kita perhatikan adalah pemberikan pakan, jamu, suplemen dan vitamin yang kita berikan kepada ayam bangkok. Hal itu tentu saja akan membantu meningkatkan imunitas terhadap penyakit ayam bangkok, cara ini bisa kita lakukan dengan memberikan asupan pakan yang cukup, jamu, suplemen dan vitamin sesuai dengan kebutuhan.

Demikian sekilas pemahaman tentang cara mencegah berbagai penyakit ayam bangkok, semoga ringkasan tips dari kami Sabung Ayam Taji bisa bermanfaat untuk para penggemar dan peternak ayam bangkok ^^