Tips Mengatasi Ayam Aduan Yang Ganti Bulu

mengatasi ayam aduan yang ganti bulu - sabung ayam online

Sabung Ayam Online – Tips Mengatasi Ayam Aduan Yang Ganti Bulu – Ayam aduan yang mengalami mabung atau ganti bulu atau bisa di sebut juga ngurak, hal ini adalah wajar dan menjadi kewajiban untuk ayam petarung. Hampir setiap tahun ayam akan mengalami ini dengan waktu yang relatif lama antara dua sampai empat bulan.

Tips Mengatasi Ayam Aduan Yang Ganti Bulu

Jika ayam aduan mengalami mabung perlu dilakukan pemeliharaan rutin dan serbaguna. Menjaga atau memelihara ayam aduan yang sedang mabung bisa dilakukan dengan memberikan asupan pakan dan multivitamin yang memiliki nilai gizi kaya protein dan mineral. Pakan yang cocok untuk ayam aduan yang mabung adalah beras merah yang direndam dan dicampur dengan nasi, hentikan pemberian poor. Berikan injeksi vitamin B12 dan Bcomplex seminggu sekali. Jika pakan dan mineral tak terpenuhi dengan baik, maka ayam aduan akan mengalami penurunan kondisi fisik.

Langkah selanjutnya lakukan pencabutan bulu yang telah mati, contohnya bulu yang patah atau bulu yang pangkalnya sudah berwarna putih. Berikan makanan dengan mencampurkan poor dan nasi untuk mempercepat perontokan bulu. Tahap mabung adalah tahap istirahat yang panjang untuk ayam aduan.

Pada saat mabung ayam aduan tidak perlu diberikan minyak ikan yang berlebih. Berdasarkan penelitian Charoen Phokpand, sehelai bulu ayam mengandung 85% protein, 2,5% lemak, 1,5% serat kasar, 0,2% kalsium dan 0,75% phosporus, jadi jika kita lihat dari komposisi kandungan bulu ayam maka ayam tak memerlukan minyak ikan. Yang paling diperlukan jika kondisi mabung adalah protein, vitamin dan mineral yang cukup.

Saat mabung ayam tidak perlu tenggeran atau umbaran secara rutin, ayam cukup diumbar tiga hari sekali atau satu minggu sekali untuk mengepakkan sayap dan melemaskan sayap yang kaku. Karena bulu masih muda maka harus hati-hati ketika memegangnya. Bulu yang masih muda akan terasa sakit jika dipegang. Jangan gabungkan ayam mabung dengan ayam betina, karena bulu mengandung phosporus yang tinggi yang merupakan makanan paling digemari oleh ayam betina. Perlu diketahui jika ingin mengkawinkan ayam sebaiknya perhatikan asupan kebutuhan karbohidratnya. Jika kelebihan karbohidrat ataupun kekurangan karbohidrat, nafsu kawin ayam bangkok akan menurun.

Kandang juga perlu diperhatikan ketika ayam mabung, jangan menempatkan ayam dikandang yang sudutnya tajam. Karena dapat menghambat pertumbuhan bulu, bahkan bisa merusak bulu muda yang baru tumbuh. Tempatkan ayam dikandang yang gelap dan lembab, hindari kandang dari sinar matahari, maka akan terjadi proses pertumbuhan bulu baru yang cepat.

Inilah tips mengatasi ayam aduan yang ganti bulu, semoga bermanfaat bagi pecinta ayam di seluruh Indonesia.

Selamat Datang di palugadabet.com, Sabung Ayam Online.

Nikmati Bonus Sabung Ayam Hingga JUTAAN RUPIAH.
Segera Daftar dan Dapatkan Bonusnya.

Hubungi kontak resmi kami di palugadabet.com