Tips Mengatasi Ayam Aduan yang Terkena Flu Burung

mengatasi ayam aduan yang terkena flu burung - sabung ayam online

Sabung Ayam Online – Tips Mengatasi Ayam Aduan yang Terkena Flu Burung – Penyakit flu burung atau biasa dikenal juga dengan penyakit ayam aduan aratan adalah penyakit yang sangat ditakuti oleh kalangan peternak ayam aduan atau pun ternak unggas lainnya. Diperlukan pencegahan atau pengobatan yang serius untuk mengatasinya.

Penyebab ayam aduan terkena penyakit flu burung adalah oleh virus H5N1, virus ini bisa bertahan dalam kotoran hewan unggas dan lingkungan air dan tanah dalam kandang saat kondisi suhu dingin dalam beberapa minggu. Jadi saat musim ujan biasanya virus ini akan keluar dan menyebabkan ayam aduan bisa mati.

Tips Mengatasi Ayam Aduan yang Terkena Flu Burung

Dalam pencegahan virus flu burung biasanya dengan menggunakan penanganan agar tidak tertular dengan ayam lainnya, karena penyakit ini dapat menular dengan cepat. Berikan ayam vitamin untuk anti body dan vaksin untuk mencegah penyakit ini.

Dengan obat herbal alami penyakit bisa kita atasi tetapi harus hati-hati juga terutama untuk ayam aduan yang sudah terkena virusnya. Gunakan temulawak, kunyit, bawang putih, daun pepaya dan telur puyuh untuk obat herbalnya. Ramuan itu semua silakan diblender atau ditumbuk sampai halus lalu berikan air sedikit agar tidak terlalu kental, setelah itu tambahkan telur puyuh mentah dan aduk hingga rata. Berikan sehari dua kali agar ayam aduan tetap fit dan nafsu makannya bertambah.

Ciri-ciri ayam yang terkena flu burung
– Haus berlebihan suka minum air putih terus menerus
– Diare
– Cengger dan kepala membengkak bewarna kebiruan
– Perdarahan merata pada kaki ayam aduan (kaki kerokan)
– Kerabang telur agak lembek
– Keluar lendir pada mulut, hidung dan mata biasanya ada cairan yang keluar seperti air putih saja tidak begitu kental
– Tingkat kematian banyak, kebanyakan jika sudah terkena virusnya akan mati

Itulah gambaran mengenai penyakit flu burung yang sering menyerang unggas. Hindarilah penyakit ini karena sangat berbahaya, berikan ayam aduan anda vitamin dan vaksin secara rutin. Bersihkan kandang dari kotoran minimal seminggu sekali agar terhidar dari berbagai virus yang berbahaya lainnya. Semoga bermanfaat bagi anda para penghobi ayam aduan.