Tips Mengobati Ayam Aduan yang Turun Urat

mengobati ayam aduan yang turun urat - sabung ayam online

Sabung Ayam Online – Tips Mengobati Ayam Aduan yang Turun Urat – Turut urat merupakan salah satu penyakit ayam aduan yang cukup serius dan membutuhkan penanganan segera. Turut urat sangat mengganggu pergerakan ayam sehingga akan menghambat ayam aduan melakukan aktifitas. Biasanya penyebabnya karena digebrak pada usia yang masih muda dan terjadinya benturan.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai penyebab tersebut, ciri-ciri, serta cara mengobatinya dengan mudah. Silakan disimak dengan seksama agar dapat dipraktikkan.

Perlu diketahui bahwa ayam yang terlalu muda struktur tulang dan ototnya masih belum maksimal, sehingga akan membuat struktur organ geraknya terganggu. Namun, cara mengobati ayam turun urat karena penyebab ini biasanya lebih mudah jika dibandingkan dengan pengobatan turun urat yang disebabkan oleh benturan.

Tidak hanya ayam muda, turun urat karena benturan juga dapat terjadi pada ayam yang sudah cukup umur setelah ia bertanding. Turun urat biasanya terjadi karena benturan yang terlalu keras. Benturan ini bisa terjadi saat ayam terkena pukulan lawan atau saat latihan.

Ayam yang mengalami turun urat akan menunjukkan dua ciri utama. Ciri tersebut adalah kaki ayam terasa lebih panas seusai bertarung, ayam suka mengangkat salah satu kakinya, serta saat berjalan terlihat pincang dan tak mau bertumpu pada kaki yang mengalami turun urat.

Tips Mengobati Ayam Aduan yang Turun Urat

Untuk mengobati ayam turun urat, beberapa cara bisa anda lakukan. Setiap hari kaki ayam yang turun urat diperban atau dibungkus dengan kain kasa. Dalam kain tersebut tempelkan tumbukan daun serai pada kaki yang menunjukkan ciri-ciri turun urat. Daun serai adalah obat alami turun urat yang sudah terbukti ampuh.

Kaki ayam yang turun urat haruslah dibalut seperti merawat orang patah tulang, akan tetapi usahakan agar kaki ayam tetao bisa menginjak tanah. Perban tersebut sebaiknya diganti setiap hari begitu pun daun serainya. Sebelum kaki ayam dibungkus lagi sebaiknya direndam dengan air es beberapa menit.

Selain menerapkan cara tersebut, sebaiknya pengobatan dalam pun dilakukan untuk mempercepat proses penyembuhan. Pengobatan dalam dilakukan dengan memberikan obat reumatik atau sejenisnya melalui minumannya sesuai dosis selama empat hari berutun. Obat reumatik yang bisa diberikan dapat berupa obat rematik yang digunakan untuk manusia, seperti Penstrip 405 atau Rifampicin.

Ayam yang mengalami ini lebih baik beristirahat secara total. Setelah empat hari dalam perawatan, cobalah umbar ayam ditempat yang aman dan jangan biarkan ayam melakukan aktifitas yang berat hingga benar-benar pulih.

Demikianlah tips mengobati ayam aduan yang turun urat, semoga bermanfaat. Terimakasih telah membaca.

Selamat Datang di palugadabet.com, Sabung Ayam Online.

Nikmati Bonus Sabung Ayam Hingga JUTAAN RUPIAH.
Segera Daftar dan Dapatkan Bonusnya.

Hubungi kontak resmi kami di palugadabet.com