Tips Mengobati Sakit Mata Pada Ayam Bangkok

Sabung Ayam Taji Sakit Mata Pada Ayam Bangkok  – Penyakit ini sangat sering membuat para penggemar ayam bangkok stres dan kebingungan jika ayam bangkok terkena penyakit mata. Banyak faktor yang bisa menjadi faktor penyebab yang bisa mengakibatkan mata ayam bangkok mengalami sakit yang bisa berupa bengkak, merah dan luka. Ayam bangkok yang mengalami sakit mata biasanya disebabkan oleh faktor kebersihan kandang yang kurang dijaga terutama pada kandang ayam yang terlalu gelap, lembab, dan sering menyebabkan sakitnya mata pada ayam bangkok. Jika penyakit ini tidak segera kita atasi dengan benar maka ia bisa menulari ayam bangkok lainnya karena penyakit ini mengandung virus dan bakteri yang sangat menular.

Tips Mengobati Sakit Mata Pada Ayam Bangkok

Tips Mengobati Sakit Mata Pada Ayam Bangkok

Cara mengobati sakit mata pada ayam bangkok baik yang masih muda dan maupun yang telah dewasa adalah dengan cara memberikan obat khusus serta kita lakukan isolasi pada ayam tersebut agar dalam melakukan perawatan kita bisa lebih fokus.

Selain bisa mengganggu aktifitas dari ayam tersebut, berat badan yang dimiliki oleh ayam akan cepat menurun dengan drastis. Ayam akan kesulitan dalam menentukan dan mencari pakan. Walaupun pakan tersebut sudah kita sediakan, ayam akan jarang mau berdiri dalam keadaan mata yang sakit. Inilah yang menyebabkan nafsu makan yang dimiliki oleh ayam akan menurun drastis.

GEJALA YANG TIMBUL

Jika ayam bangkok yang mengalami sakit mata, ada tanda ataupun gejala yang bisa kita lihat pada mata dan bagian sekitar mata ayam bangkok tersebut. Gejala serta tanda yang muncul pada ayam bangkok yang mengalami sakit mata di tandai dengan mata yang selalu berair, bengkak, mata merah, mata terlihat sayup dan ada serat di dalamnya. Jika menemukan gejala tersebut pada ayam bangkok anda, maka segera lakukan isolasi dengan memisahkan ayam bangkok dari kandangnya sendiri untuk segera kita lakukan pengobatan.

CARA PENCEGAHAN

Cara agar mata tidak terkena penyakit mata ini sebenarnya cukup sangat mudah, usahakan tempat kandang ayam tersebut memiliki sinar cahaya matahari yang cukup. Selalu jaga kebersihan kandang, kandang tidak boleh dalam keadaan lembab dan lakukanlah penyemprotan dengan menggunkan destan 15 hari sekali untuk membasmi virus dan bakteri yang ada dalam kandang.

CARA PENGOBATAN

Adapun beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk menyembuhkan penyakit mata pada ayam bangkok ini. Jika gejala yang kita temukan belum terlalu parah, kita bisa memberikan obat tetes mata yang biasanya kita gunakan untuk mata manusia. Saat melakukan penetesan dengan obat tersebut, usahakan jangan terlalu banyak dalam memberikan obat tetes mata tersebut dan cukup hanya dengan satu tetes akan tetapi tepat dan diserap oleh mata ayam bangkok tersebut. Lakukan cara tersebut pada pagi hari dan sore hari sampai mata benar-benar sembuh total.

Untuk pengobatan penyakit mata ayam bangkok secara tradisional dapat menggunakan daun meniran dengan cara meremas daun tersebut hingga halus lalu tambahkan air yang secukupnya dan kita meneteskan air tersebut pada mata ayam bangkok yang sakit. Cara tersebut juga tergolong ampuh.

Akan tetapi, jika penyakit penyakit mata pada ayam terlanjur parah, bisa diberikan obat mata khusus ayam yakni Eye Chick yang bisa anda beli di toko unggas ataupun di apotik terdekat anda.

BACA JUGA>> Ayam Bangkok Petarung Bagus Asli Thailand